Antisipasi Virus Corona di DKI

Siapa Saja Boleh Datang, Warteg di Jatinegara Ini Berikan 100 Porsi Makanan Gratis

Khairul Amin, salah seorang pegawai mengatakan ada sebanyak 100 porsi disiapkan setiap harinya untuk membantu sesama masyarakat

TRIBUNJAKARTA.COM/PEBBY ADE LIANA
Warteg Putra Bahari yang terletak di Jalan Jatinegara Barat, Jakarta Timur menyediakan makanan gratis bagi warga masyarakat yang masih beraktivitas di tengah pandemik corona, Sabtu (28/3/2020). 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Pebby Adhe Liana

TRIBUNJAKARTA.COM, GAMBIR - Warteg Putra Bahari yang terletak di Jalan Jatinegara Barat, Jakarta Timur menyediakan makanan gratis bagi warga masyarakat yang masih beraktivitas di tengah pandemik corona.

Khairul Amin, salah seorang pegawai mengatakan ada sebanyak 100 porsi disiapkan setiap harinya untuk membantu sesama masyarakat yang turut terdampak pada wabah ini.

"Jadi ini program bersama ACT (Aksi Cepat Tanggap). Kami mau ikut karena kita sesama manusia ingin membantu sama-sama dalam menghadapi covid-19 ini. Siapa saja boleh datang ke sini. Banyak driver ojol juga, masyarakat biasa juga banyak yang datang," ujar Khairul pada TribunJakarta.com, Sabtu (28/3/2020).

Sejak hari pertama makan gratis ini dilaksanakan, program ini mendapat antusiasme yang besar dari pengunjung.

Mulai dari sopir ojek, sopir angkot, pedagang, hingga masyarakat sekitar mendatangi warteg Putra Bahari ini.

Dimulai sejak awal pekan kemarin, menurut Khairul tak pernah ada porsi makanan yang tersisa.

Adapun setiap pengunjung dapat memesan makanan berupa nasi putih, beserta dua hingga tiga lauk, serta air mineral.

"Untuk sehari-hari normalnya kita buka dari jam 6 pagi sampai jam 10 malam. Tapi untuk yang program ini kita baru mulai jam 10 pagi," tuturnya.

Diketahui, sebelumnya ada sekitar 1.000 warung tegal atau warteg yang memberikan layanan makan gratis setiap harinya dalam program Operasi Makan Gratis Bersama 1000 Warteg di Jabodetabek.

Dalam keterangannya, Presiden Aksi Cepat Tanggap ( ACT) Ibnu Khajar mengatakan, program ini dilakukan untuk membantu kebutuhan makan para pekerja tenaga harian yang pendapatannya berkurang drastis imbas corona.

Sekaligus membantu para pemilik warteg yang omzetnya turun drastis.

Mengenai hal ini, Khamidin yang juga merupakan pegawai warteg Putra Bahari mengaku senang dan bersyukur.

Sebab, ia tidak kekurangan pendapatan lantaran adanya program Operasi Pangan Gratis Bersama 1000 Warteg ini.

"Untuk budgetnya dari ACT dikasih satu porsi sekitar Rp 15 ribu. Alhamdulillah sih ini rejeki buat kita juga, karena kan kita tahu dalam situasi seperti ini sepi banget, kalau sepi pendapatan juga kurang. Alhamdulillah dengan adanya ini jadi gak kurang pendapatan," kata Khamidin.

Penulis: Pebby Ade Liana
Editor: Wahyu Aji
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved