Breaking News:

Berikut Daftar Produk Rumah Tangga yang Bisa Digunakan untuk Disinfeksi Virus Corona atau Covid-19

Produk Rumah Tangga bisa digunakan untuk disinfektan untuk Membasmi Virus Corona atau Covid-19 di antaranya Bayclin Lemon, Wipol yang di rilis LIPI

Editor: Muji Lestari
TRIBUNJAKARTA.COM/GERALD LEONARDO AGUSTINO
Sejumlah kapal pandu yang beroperasi di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara disemprot cairan disinfektan, Jumat (20/3/2020). 

TRIBUNJAKARTA.COM - Berbagai upaya dilakukan untuk mencegah penyebaran penularan virus corona atau covid-19.

Satu dari beberapa cara yakni dengan menyemprotkan cairan disinfektan.

Disinfektan diklaim dapat membasmi virus corona atau Covid-19.

Mengutip lipi.go.id, Senin (30/3/2020) Peneliti Loka Penelitian Teknologi Bersih LIPI, Chandra Risdian mengungkapkan, saat ini banyak produk rumah tangga umum mengandung konsentrasi bahan aktif yang sesuai untuk disinfeksi.

Seorang pekerja kesehatan dari Pemerintahan Filipina, mendisinfeksi sekolah menengah, di tengah kekhawatiran tentang penyebaran coronavirus novel COVID-19, di Manila. Filipina, Senin (9/3/2020). (AFP/Maria TAN) *** Local Caption *** A government worker disinfects a high school, amid concerns about the spread of the COVID-19 novel coronavirus, in Manila on March 9, 2020. (Photo by Maria TAN / AFP)
Seorang pekerja kesehatan dari Pemerintahan Filipina, mendisinfeksi sekolah menengah, di tengah kekhawatiran tentang penyebaran coronavirus novel COVID-19, di Manila. Filipina, Senin (9/3/2020). (AFP/Maria TAN) *** Local Caption *** A government worker disinfects a high school, amid concerns about the spread of the COVID-19 novel coronavirus, in Manila on March 9, 2020. (Photo by Maria TAN / AFP) (AFP/MARIA TAN)

Chandra menguatkan, bahan aktif dan konsentrasi efektifnya yang tercantum dalam daftar berikut telah terbukti efektif melawan virus corona.

Hal tersebut berdasar studi literatur yang telah dilakukan.

Marak Penyemprotan Disinfektan Pada Manusia, Dokter Spesialis Paru Ungkap Bahaya yang Ditimbulkan

"Selain penggunaan agen pembersih, perawatan lain yang efektif terhadap virus corona adalah dengan metode pemberian uap dan perlakuan panas," jelasnya.

Selanjutnya, Chandra menjelaskan, jika produk disinfektan yang aktif terhadap virus corona tidak tersedia, produk disinfektan lain yang setidaknya memiliki aktivitas virucidal terhadap virus berselimut (enveloped virus) juga dapat digunakan.

Hal tersebut berdasar informasi yang ia terima dari The Robert Koch Institute (RKI), Jerman.

Bahan aktif yang ia maksud yakni:

Halaman
1234
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved