Virus Corona di Indonesia

Imbas Corona, Pendapatan Asli Daerah Kota Bekasi Mengalami Penurunan

Tri Adhianto mengatakan, penurunan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kota Bekasi imbas pandemi corona (Covid-19) cukup besar.

TribunJakarta/Yusuf Bachtiar
Wakil Wali Kota Bekasi Tri Adhianto di Stadion Patriot Candrabhaga Bekasi, Selasa, (31/3/2020). 

Laporan wartawan TribunJakarta.com, Yusuf Bachtiar

TRIBUNJAKARTA.COM, BEKASI SELATAN - Wakil Wali Kota Bekasi Tri Adhianto mengatakan, penurunan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kota Bekasi imbas pandemi corona (Covid-19) cukup besar.

"Cukup besar penurunan itu, yang ada penurunan. Karena kita kan termasuk kota jasa dan perdagangan," kata Tri Adhianto saat dijumpai di Stadion Patriot Candrabhaga Bekasi, Selasa, (31/3/2020).

Dia menjelaskan, penurunan ini terutama akibat jasa dan roda perekonomian di pusat perbelajaan dan restoran yang menurun bahkan ditutup sementara.

"Pastilah itu (penurunan PAD), karenakan hampir semua kegiatan dan juga aktivitas di luar usaha sembako (makanan) kita minta untuk closing, itu pasti ada penurunan," jelasnya.

Ditambah, retribusi parkir yang sejauh ini merupakan sektor PAD di Kota Bekasi cukup berdampak besar karena pusat perbelajaan yang menghentikan operasional.

"Kalau malnya tutup kan tidak ada yang parkir, kalau tidak ada yang parkir kita tidak ada pendapatan," terannya.

Ketika ditanya soal jumlah persentase penurunan, Tri memprediksi bisa mencapai sekira 70 persen. Untuk itu, pendapatan PAD dari sektor restoran hanya berpangku pada layanan drive thru.

"Mungkin sekitar segitu lah (70 persen penurunan PAD), terus dari makan dan minum juga gitu sama kita juga lagi dorong sistem drive true. Itu juga menurunkan pendapatan," terangnya.

Sebelumnya, Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi mengatakan hal serupa, pada triwulan pertama 2020 saja, pihaknya menghitung hanya dapat menyerap sekitar 10-20 persen dari Target PAD yang ada di Kota Bekasi.

Halaman
12
Penulis: Yusuf Bachtiar
Editor: Muhammad Zulfikar
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved