Breaking News:

Antisipasi Virus Corona di Bekasi

Tuai Penolakan Terapkan Lockdown di Kampung Jaha Bekasi & Batalkan 3 Rencana Resepsi Penikahan Warga

Sebelum ditutup, 12 akses jalan di Kampung Jaha Jatiasih merupakan jalur alternatif menuju kawasan Bekasi Selatan dan Pondok Gede.

Penulis: Yusuf Bachtiar | Editor: Wahyu Aji
TribunJakarta.com/Yusuf Bachtiar
Salah satu akses masuk menuju Kampung Jaha, Kelurahan Jatikramat, Kecamatan Jatiasih, Kota Bekasi, ditutup sebagai upaya memerangi pandemi virus corona atau Covid-19, Senin (30/3/2020). 

Laporan wartawan TribunJakarta.com, Yusuf Bachtiar

TRIBUNJAKARTA.COM, JATIASIH - Warga Kampung Jaha, RW11, Kelurahan Jatikramat, Kecamatan Jatiasih, Kota Bekasi memiliki cara tersendiri dalam upaya mencegah penyebaran pandemi virus corona (Covid-19).

Kampung yang berada di pinggir Jalan Raya Cikunir ini nampak begitu siap meski dengan segala keterbatasan peralatan, mereka hanya bermodalkan kekompakan ditambah tidak ingin ada satu warganya terinfeksi virus corona.

TribunJakarta.com mencoba mendatangi Kampung Jaha, pada Senin, (30/3/2020), di akses jalan utama menuju kampung, tepatnya di Jalan Haji Nipan berdiri sekelompok pemuda dengan peralatan penyemprot disinfektan.

Satu per satu pengendara yang melintas di Jalan Haji Nipan, langsung diperintahkan untuk berhenti sejenak baik pengedara roda dua maupun roda empat.

Dua orang petugas mengenakan pakaian serupa mantel hujan berdiri di antara kedua sisi jalan, keduanya menyemprotkan cairan disinfektan dari kedua sisi jalan, serupa tirai yang secara otomatis mengenai siapapun yang melintas.

Usai melintasi penyemprotan disinfektan, setiap pengendara yang masuk juga diperiksa kondisi kesehatannya menggunakan alat pengukur suhu tubuh (thermogun).

Penerapan protokoler ketat ini diberlakukan untuk siapapun yang hendak masuk ke Kampung Jaha, jika kedapatan ada warga yang memiliki suhu badan tinggi akan langsung diperintah pulang dan beristirahat di rumah.

Begitu sebaliknya, jika ada pengunjung dari luar yang hendak masuk ke Kampung Jaha dengan kondisi kesehatan kurang baik, petugas akan langsung menyarankan untuk tidak masuk.

Di Kampung Jaha, terdapat 12 akses jalan yang biasanya dapat dilalui warga Kampung Jaha, saat kebijakan isolasi mandiri ini diberlakukan, seluruh akses jalan ditutup hingga menyisahkan satu akses yaitu Jalan Haji Nipan.

Suasana penjagaan di Jalan Haji Nipan, akses utama menuju Kampung Jaha, Kelurahan Jatikramat, Kecamatan Jatiasih, Kota Bekasi, sebagai upaya memerangi pandemi virus corona atau Covid-19, Senin (30/3/2020).
Suasana penjagaan di Jalan Haji Nipan, akses utama menuju Kampung Jaha, Kelurahan Jatikramat, Kecamatan Jatiasih, Kota Bekasi, sebagai upaya memerangi pandemi virus corona atau Covid-19, Senin (30/3/2020). (TribunJakarta.com/Yusuf Bachtiar)

Halaman
1234
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved