Breaking News:

Jakarta Diguyur Hujan, Permukiman Kebon Pala Kampung Melayu Banjir 40 Sentimeter

Joni (42), warga setempat mengatakan luapan Kali Ciliwung mulai menjamah pemukiman di RW 04 dan RW 05 sekira pukul 16.00 WIB.

Penulis: Bima Putra | Editor: Wahyu Aji
TRIBUNJAKARTA.COM/BIMA PUTRA
Banjir luapan Kali Ciliwung yang merendam permukiman warga Kebon Pala, Kelurahan Kampung Melayu, Jatinegara, Jakarta Timur, Senin (6/4/2020). 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Bima Putra

TRIBUNJAKARTA.COM, JATINEGARA - Hujan deras yang mengguyur Jakarta sore tadi membuat permukiman warga Kebon Pala, Kelurahan Kampung Melayu kembali kebanjiran.

Joni (42), warga setempat mengatakan luapan Kali Ciliwung mulai menjamah pemukiman di RW 04 dan RW 05 sekira pukul 16.00 WIB.

"Pas hujan lagi deras-derasnya air naik. Tapi ini karena hujan lokal saja, soalnya tinggi air cuman sekitar 40 sentimeter," kata Joni di Jatinegara, Jakarta Timur, Senin (6/4/2020).

Prediksi banjir bukan akibat kiriman debit dari Bogor dan Depok didasari karena belum adanya peringatan siaga dari pemerintah.

Pasalnya setiap kali Bendungan Katulampa dan Pos Pantau Depok berstatus siaga warga selalu dapat peringatan.

"Ini hujannya merata tapi enggak terlalu deras, jadi banjir enggak tinggi. Beda kalau Bogor dan Depok hujan deras juga, pasti air lebih tinggi," ujarnya.

Pengalaman puluhan tahun jadi korban banjir luapan Kali Ciliwung membuat warga bisa membedakan banjir kiriman dan akibat hujan lokal.

Joni menuturkan warna air akibat banjir hujan lokal tak sekeruh saat debit air kiriman dari Bogor dan Depok tiba di Jakarta.

"Kalau air dari Bogor ke Jakarta itu sekitar delapan jam, dari Depok ke Jakarta sekitar enam jam sampainya. Yang sekarang sih karena hujan lokal saja," tuturnya.

Pantauan wartawan TribunJakarta.com, hingga pukul 18.00 WIB ketinggian air di pemukiman warga Kebon Pala berkisar 40 sentimeter.

Tak ada warga yang mengungsi, namun seluruh kendaraan motor sudah dipindah ke tempat lebih tinggi agar tak terendam banjir.

Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved