Antisipasi Virus Corona di Tangsel

Selain KPT, Pemkot Tangsel Juga Siapkan Rusunawa dan Kantor MU, Untuk Karantina ODP

Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang Selatan ( Tangsel) serius memberantas virus corona atau Covid-19 dari hulu.

TRIBUNJAKARTA.COM/JAISY RAHMAN TOHIR
Rumah Lawan Covid-19 Tangsel, berlokasi di dekat Tandon Ciater, Serpong, Selasa (7/4/2020). 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Jaisy Rahman Tohir

TRIBUNJAKARTA.COM, SERPONG - Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang Selatan ( Tangsel) serius memberantas virus corona atau Covid-19 dari hulu.

Orang dalam pemantauan (ODP) yang notabene berpotensi positif Covid-19 dan menjadi carrier bagi yang lain, menjadi target utama penanganan, tanpa meninggalkan penanganan pasien dalam pengawasan (PDP) dan yang positif.

"Pemkot Tangsel selain menangani yang hilir, itu kan semua ya yang dirawat di rumah sakit, Bu Wali Kota concern untuk mengatasi itu. Tapi kan suatu saat akan tidak nampung lagi. Mulai diurai, ada puskesmas Pamulang mulai dialih fungsi untuk menjadi transit, itu untuk PDP."

"Nah kemudian mulai menangani yang ODP. Kita ketahui yang ODP ada gejala-gejala yang mengarah Covid-19 atau pernah bepergian atau kontak dengan yang positif," ujar Suhara Manullang, yang mengurus Bidang Penanganan pada Gugus Tugas Covid-19 Tangsel, di Kawasan Pertanian Terpadu (KPT), Ciater, Serpong, Selasa (7/4/2020).

Kapolres Jakut Ingatkan Agar Situasi Pandemi Tidak Dimanfaatkan untuk Penyalahgunaan Narkoba

Seperti diberitakan TribunJakarta.com sebelumnya, KPT kini sedang diubah menjadi Rumah Lawan Covid-19 untuk menampung warga Tangsel berstatus ODP.

Kawasan yang berdiri di tanah seluas 18 hektare itu mampu menampung 400 ODP.

Suhara mengatakan, ODP yang akan dikarantina di KPT akan dipilih terlebih dahulu dengan kriteria yang sedang dipersiapkan.

"Ya di sini rencana ODP, nanti kriterianya kita bahas. Dijelaskan bahwa yang akan men-screening adalah puskesmas, karena puskesmas yang punya datanya. Jadi barang siapa yang punya gejala ODP silakan datang ke puskesmas," ujarnya.

Mulai Kamis, Anies Pastikan Distribusikan Sembako ke Masyarakat Miskin Terdampak Wabah Corona

Selain di KPT, Suhara juga mengatakan, pihaknya tengah menyiapkan Rusunawa yang berada di Ciputat, dan Kantor MUI Tangsel di Pamulang menjadi Rumah Lawan Covid-19, untuk penanganan ODP.

"Kita juga sedang menyiapkan di Rusunawa sama Kantor MUI, sama di sana juga untuk ODP, bertahap ya," ujar pria yang juga menjabat Kepala Unit Donor Darah PMI Tangsel itu.

Penulis: Jaisy Rahman Tohir
Editor: Suharno
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved