Ibadah Paskah di Tengah Corona

Jumat Agung Besok, Sebagian Umat Kristiani Jalankan Perjamuan Kudus dari Rumah

Wabah virus corona atau Covid-19 yang semakin merebak membuat pemerintah menerapkan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di DKI Jakarta.

Penulis: Gerald Leonardo Agustino | Editor: Suharno
TRIBUNJAKARTA.COM/ELGA HIKARI PUTRA
Ilustrasi kebaktian di GPIB Sion. 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Gerald Leonardo Agustino

TRIBUNJAKARTA.COM, CILINCING - Wabah virus corona atau Covid-19 yang semakin merebak membuat pemerintah menerapkan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di DKI Jakarta.

Melalui kebijakan PSBB tersebut, salah satu imbauan pemerintah adalah agar kegiatan keagamaan berjamaah ditiadakan selama masa pandemi.

Mengikuti kebijakan pemerintah, sejumlah gereja di DKI Jakarta mulai menerapkan ibadah kebaktian melalui siaran langsung di media sosial.

Kebaktian online tersebut juga berlaku untuk peringatan Hari Raya Jumat Agung yang berlangsung besok, Jumat (10/4/2020).

Salah satu persekutuan gereja yang menerapkan kebaktian online ialah Gereja Protestan di Indonesia bagian Barat (GPIB).

Umat Kristiani Disarankan Ibadah Paskah di Rumah, Tetapi Masih Bisa Lakukan Perjamuan Kudus

Sebagai contoh, GPIB Getsemani dan GPIB Petra yang berada di Jakarta Utara mulai menerapkan kebaktian online selama beberapa pekan terakhir.

Menyambut Jumat Agung besok, umat Kristiani yang biasa beribadah di dua gedung gereja tersebut masih akan menjalankan kebaktian di rumah masing-masing.

Salah seorang penatua yang bertugas di GPIB Getsemani, Yudi Nababan mengatakan, prosesi ibadah Jumat Agung besok akan dijalankan melalui Youtube streaming.

Pengurus gereja tersebut sudah membagikan tautan kepada para jemaatnya untuk bisa diakses dengan mudah di rumah masing-masing.

Darurat Corona, KAJ Gelar Misa Jumat Agung dan Paskah Secara Online

"Jadi live streaming, sudah dikirimin link Youtube-nya ke jemaat. Kalau di GPIB Getsemani sudah ada video yang bisa diakses lewat Youtube," kata Yudi saat dihubungi TribunJakarta.com, Kamis (9/4/2020).

Yudi menjelaskan, prosesi kebaktian online di GPIB Getsemani bisa diaksea melalui video yang sudah direkam sebelumnya. Sementara di GPIB Petra, pengurus menyediakan tautan yang bisa diakses pada pukul 9.00 WIB esok hari untik menyaksikan tayangan langsung ibadah Jumat Agung.

"Nanti ikutin jalannya ibadah yang dipimpin pendeta lewat streaming di Youtube. Liturginya sesuai, mulai dari awal sampai akhir persembahan kita ikutin," kata Yudi.

Tak hanya kebaktian, prosesi perjamuan kudus yang rutin berjalan saat Jumat Agung juga akan dilakukan jemaat GPIB di rumah masing-masing.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jakarta
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved