Antisipasi Virus Corona di DKI

Usulan Anies Ditolak Kemenhub, Mulai PSBB Ojol Dilarang Angkut Penumpang Selama PSBB 

Dalam Permenkes Nomor 9/2020 itu disebutkan batasan bahwa layanan jasa roda dua berbasis aplikasi hanya diperbolehkan mengangkut barang

Istimewa/Dokumetasi Pemprov DKI Jakarta
Telekonferensi Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dengan para wali kota yang diunggah di lawan youtube milik Pemprov DKI. 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Dionisius Arya Bima Suci

TRIBUNJAKARTA.COM, GAMBIR - Mulai Jumat (10/4/2020), ojek online (ojol) dilarang mengangkut penumpang selama masa Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB).

Hal ini diungkapkan oleh Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan saat mengumumkan Peraturan Gubernur (Pergub) Nomor 33/2020 tentang Pelaksanaan PSBB Dalam Penanganan Covid-19 di DKI Jakarta.

Anies Baswedan mengatakan, pihaknya telah berusaha berdiskusi dengan Kementerian Perhubungan (Kemenhub) agar ojol diperbolehkan mengangkut penumpang.

Namun, usulan Anies ini ditolak oleh pelaksana tugas (Plt) Kemenhub Luhut Binsar Panjaitan.

"Kemarin dalam pembicaraan dengan Kemenhub, kita berpandangan untuk bisa diizinkan," ucapnya, Kamis (9/4/2020).

Ia pun menyebut, Luhut menolak usulan tersebut lantaran menganggap hal tersebut tak sejalan dengan Peraturan Menteri Kesehatan (Permenkes) Nomor 9/2020 tentang Pedoman PSBB Dalam Rangka Percepatan Penanganan Covid-19.

Dalam Permenkes Nomor 9/2020 itu disebutkan batasan bahwa layanan jasa roda dua berbasis aplikasi hanya diperbolehkan mengangkut barang.

"Pergub merujuk pada Permenkes sehingga ojol boleh mengantarkan barang, tapi bukan orang," ujarnya di Balai Kota DKI Jakarta.

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan ini pun mengatakan, bila nantinya ada perubahan dalam Permenkes tersebut, pihaknya bakal langsung kembali menyesuaikan isi Pergub 33/2020 yang mengatur PSBB di Jakarta.

Halaman
12
Penulis: Dionisius Arya Bima Suci
Editor: Erik Sinaga
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved