Breaking News:

Cemas Saat Pandemi Covid-19, Kenali Tanda yang Muncul di Tubuh Ketika Mengalami Stres

Seringkali, ketika melakukan berbagai kegiatan secara bersamaan, kita tentu merasa lelah setelahnya. Hal ini merupakan reaksi tubuh yang normal

Shutterstock/Bangkapos.com
Ilustrasi pemikir, stres atau cemas 

Laporan wartawan TribunJakarta.com, Pebby Adhe Liana

TRIBUNJAKARTA.COM, GAMBIR - Pandemi virus Corona atau Covid-19 yang semakin meluas di Indonesia, membuat seluruh masyarakat merasa cemas.

Larangan untuk tidak bepergian ke luar rumah, serta bertemu banyak orang dalam waktu yang cukup lama, menyebabkan banyak orang rentan mengalami stres.

Alexandra Gabriella, seorang psikolog klinis mengungkapkan ciri-ciri yang paling mudah dikenali ketika kita mengalami stres adalah perasaan lelah yang muncul serta tidak bersemangat dalam melakukan aktivitas.

Seringkali, ketika melakukan berbagai kegiatan secara bersamaan, kita tentu merasa lelah setelahnya. Hal ini merupakan reaksi tubuh yang normal pada tubuh seseorang.

Namun tidak jika perasaan tersebut muncul begitu saja tanpa dibarengi dengan aktivitas yang dikerjakan.

"Misalnya gak ngapa-ngapain tapi kok capek banget ya. Padahal Bingung mau ngapain. Kadang ada yang badannya capek, itu karena pikirannya over thinking, atau berkecamuk. Mikirin semua hal. Ini gak bisa, itu gak bisa. Berhubungan dengan hal yang mengecewakan, itu bisa kita katagorikan sebagai stres," kata Alexandra dalam live instagram @guesehat, Rabu (15/4/2020).

Stres sendiri, merupakan sebuah reaksi psikis yang bisa muncul ketika seseorang berada dalam kondisi tertentu.

Biasanya, stress bisa muncul jika seseorang berada dalam ancaman, tekanan, masalah, atau bahkan merasa memiliki beban yang tidak sesuai dengan kemampuannya.

Gejala-gejala stres sendiri ada banyak macamnya.

Halaman
12
Penulis: Pebby Ade Liana
Editor: Erik Sinaga
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved