Breaking News:

Antisipasi Virus Corona di DKI

Jakarta Siapkan 1.000 Makam Bagi Jenazah Protap Covid-19 Sebelum PSBB, Kini Jumlah Meninggal 1.798

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta sudah menyiapkan 1.000 makam untuk jenazah protap Covid-19 sebelum PSBB berlaku, kini jumlah meninggal 1.798 kasus.

TribunJakarta.com/Elga Hikari Putra
Sanur, petugas makam di TPU Tegal Alur, Kalideres, Jakarta Barat, Jumat (27/3/2020). 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Dionisius Arya Bima Suci

TRIBUNJAKARTA.COM, GAMBIR - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta sudah menyiapkan 1.000 makam untuk jenazah protap Covid-19 sebelum PSBB berlaku, kini jumlah meninggal 1.798 kasus.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memutuskan TPU Tegal Alur di Kalideres, Jakarta Barat dan TPU Pondok Ranggon, Jakarta Timur, dipilih untuk pemakaman jenazah protap Covid-19.

Soal 1.000 makam ini diungkapkan oleh Kepala Dinas Sumber Daya Air (SDA) DKI Jakarta Juani Yusuf.

Ia menyebut saat itu pihaknya diminta membantu menggali 1.000 lubang kubur di TPU Tegal Alur, Kalideres, Jakarta Barat, meski bukan bidangnya.

Permintaan itu datang dari Dinas Pertamanan dan Hutan Kota yang mengurusi masalah pemakaman di ibu kota lantaran jumlah pemakaman menggunakan protap Covid-19 terus meningkat kala itu.

"Tim kita dari SDA diminta menyiapkan lubang, ada lah sekitar 1.000 lubang," ucap Juani kepada wartawan pada Jumat (1/5/2020).

Hamil 2 Bulan, Tangis Histeris Istri Sopir Taksi Online Korban Begal di Pulogadung

Anak buah Anies ini menjelaskan, pihaknya diminta ikut membantu membuat lubang kubur lantaran memiliki sejumlah alat berat atau ekskavator untuk menggali tanah.

Sementara, petugas pemakaman selama ini hanya menggali kubur secara manual menggunakan cangkul.

"Makanya kami diminta bantuan, kita pakai alat, pakai ekskavator. Kalau pakai pacul bisa (memakan waktu) beberapa hari," imbuh dia saat dikonfirmasi.

Halaman
1234
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved