Breaking News:

Virus Corona di Indonesia

Sederet Cara untuk Deteksi Stres pada Anak di Masa Pandemi Covid-19, Begini Menurut Psikolog

Berikut cara mendeteksi stres anak di masa pandemi Covid-19. Apa saja?

The Huffington Post/TribunPekanbaru.com
Ilustrasi anak 

TRIBUNJAKARTA.COM - Psikolog sekaligus Kepala UPT Bimbingan dan Konseling Universitas Muhammadiyah Malang (UMM), Hudaniah, S. Psi., M. Psi., mengatakan anak-anak rentan mengalami stres di masa pandemi corona (Covid-19) saat ini.

Hudan pun membagikan sejumlah cara yang dapat diikuti para orang tua untuk mendeteksi apakah sang buah hati mengalami stres.

Sebelumnya, Hudan menerangkan, stres yang dialami anak-anak di masa pandemi Covid-19 ini bisa diakibatkan karena ia melihat atau bahkan mendapatkan efek stres orang dewasa atau orang tuanya.

"Stres itu kan proses penyesuaian ya, terhadap tubuh, psikologis, juga terhadap keadaan yang menurut dia kondisi tersebut tidak nyaman."

"Nah karena anak melihat kemudian merasakan efek dari orang dewasa, misal orang tuanya mungkin, nah itu membuat dia juga mengalami hal yang tidak nyaman atau yang kita sebut stres," terang Hudan saat diwawancarai Tribunnews.com melalui Zoom Meeting, Kamis (7/5/2020) siang.

Baca: Asma Anak Kambuh Saat Wabah Covid-19? Perhatikan Jarak dan Lakukan Nebulizer di Tempat Terbuka

Selain itu, Hudan menuturkan, stres juga bisa timbul karena anak tidak dapat melakukan aktivitas sosialnya seperti biasanya.

Menurut Hudan, anak-anak usia tiga hingga empat tahun yang paling berpotensi mengalaminya.

Sebab, Hudan mengatakan, anak-anak usia tiga hingga empat tahun biasanya sudah memiliki teman yang menurutnya cocok.

"Kalau dilihat dari segi usia, dilihat dari segi perkembangan psikologis anak, biasanya anak-anak umur 3-4 tahun barangkali akan cenderung mengalami stres, sekalipun barangkali tidak menutup yang lain ya," kata Hudan.

"Kenapa? Karena pada anak usia 3-4 tahun itu adalah masa berkembang secara sosial," sambungnya.

Halaman
1234
Editor: Siti Nawiroh
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved