Antisipasi Virus Corona di Bekasi

Wali Kota Rahmat Effendi Berencana Gelar Tes Swab Massal di Perbatasan Kota Bekasi - Depok

Rahmat mengaku, sejauh ini pihaknya akan menyiapkan terlebih dahulu untuk menggelar kembali tes sawan massal.

TRIBUNJAKARTA.COM/YUSUF BACHTIAR
Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi di Stadion Patriot Candrabhaga Bekasi. 

Laporan wartawan TribunJakarta.com, Yusuf Bachtiar

TRIBUNJAKARTA.COM, BEKASI SELATAN - Pemerintah Kota (Pemkot) Bekasi masih akan melakukan tes swab massal untuk memperjelas pemetaan penyebaran virus corona (Covid-19), dalam waktu dekat tes tersebut bakal dilakukan di perbatasan Kota Bekasi dan Depok.

Wali Kota Bekasi Bekasi Rahmat Effendi mengatakan, perbatasan Kota dan Kota Depok merupakan akses keluar masuk yang belum dilakukan tes swab massal.

"Sisa dari 32 check point kita akan coba dengan swab tes karena itu berhubungan langsung dengan beberapa kabupaten seperti Bogor dan Kota Depok, kalau Kabupaten Bekasi kemarin sudah semua kita swab di perbatasannya," kata Rahmat.

Rahmat mengaku, sejauh ini pihaknya akan menyiapkan terlebih dahulu untuk menggelar kembali tes swab massal.

"Minggu-minggu ini lah kita siapkan dulu, karena kitnya kita siapkan lalu mesin PCR-nya (Polymerase Chain Reaction) putarannya non-setop dari sejak swab tes massal di Stasiun dan beberapa titik perbatasan lalu di pasar mungkin kita akan istirahatkan dulu satu dua hari ini," jelasnya.

Untuk diketahui, Pemkot Bekasi sebelumnya telah menggelar tes swab massal di beberapa titik seperti di Stasiun Bekasi, enam titik perbatasan Kabupaten Bekasi dan DKI Jakarta serta 14 pasar yang ada di 12 kecamtan.

Dari serangkaian tes swab massal, beberapa kasus baru ditemukan. Parahnya, mereka yang terdeteksi posotif Covid-19 melalui tes ini merupakan kategori orang tanpa gejala (OTG).

Pemerintah Kota Bekasi juga berkordinasi dengan Pemerintah Daerah Kabupaten/Kota yang berbatasan langsung untuk langsung melakukan penanganan terhadap warga yang dinyatakan positif.

Sedangkan untuk warga yang dinyatakan positif dan merupakan warga Kota Bekasi akan langsung dibawa ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Chasbullah Abdulmadjid Kota Bekasi.

Penulis: Yusuf Bachtiar
Editor: Wahyu Aji
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved