Breaking News:

Virus Corona di Indonesia

Edaran Kemenkes: Penumpang dari Luar Negeri Tiba di Bandara Soekarno-Hatta Dibawa ke Asrama Haji

Surat Edaran Kementerian Kesehatan menyatakan, setiap WNI dan WNA yang tiba di Indonesia harus melalui protokol kesehatan.

Editor: Wahyu Aji
TRIBUNJAKARTA.COM/EGA ALFREDA
Pergerakan penumpang yang belum melonjak di Bandara Soekarno-Hatta sejak Surat Edaran Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Nomor 4 Tahun 2020 dan Surat Edaran Direktorat Jenderal Perhubungan Udara nomor 31 Tahun 2020, Minggu (10/5/2020). 

TRIBUNJAKARTA.COM - Kementerian Kesehatan menerbitkan Surat Edaran Nomor HK.02.01/MENKES/313/2020.

Surat edaran itu tentang Protokol Kesehatan Penanganan Kepulangan WNI dan Kedatangan WNA dari Luar Negeri di Pintu Masuk Negara dan di Wilayah pada Situasi Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB).

Diterbitkan pada 7 Mei 2020, Surat Edaran Kementerian Kesehatan menyatakan,  setiap WNI dan WNA yang tiba di Indonesia harus melalui protokol kesehatan.

Penumpang dari luar negeri harus menjalani pemeriksaan rapid test atau tes swab Polymerase Chain Reaction (PCR) virus corona atau  Covid-19.

PT Angkasa Pura II (Persero)-pengelola Bandara Internasional Soekarno-Hatta mendukung penuh berjalannya peraturan tersebut.

President Director PT Angkasa Pura II Muhammad Awaluddin mengatakan, penanganan beberapa penerbangan repatriasi WNI sudah disesuaikan agar dapat dilakukan pengetesan tes swab PCR terhadap penumpang.

"Seperti misalnya penerbangan repatriasi WNI dari Bangladesh yang mendarat Senin 11 Mei 2020 malam. Pesawat tidak merapat ke terminal, namun parkir di apron Terminal 3," ucap Awaluddin, Selasa (12/5/2020).

"Kemudian, petugas Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) naik ke pesawat untuk menjelaskan prosedur protokol kesehatan," ujarnya lagi.

Setelah itu, penumpang pesawat turun untuk kemudian di apron dilakukan pendataan, tes suhu tubuh, saturasi oksigen, serta klastering oleh KKP.

Lalu, seluruh penumpang naik bus untuk langsung menuju Asrama Haji Jakarta, Jalan Raya Pondok Gede, Jakarta Timur untuk dilakukan pemeriksaan tes swab PCR.

Halaman
12
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved