Antisipasi Virus Corona di Depok

Wali Kota: Pasien Positif Covid-19 Dilarang Isolasi Mandiri di Depok, Kecuali Ada Izin

Wali Kota Depok, Mohammad Idris, mengatakan bahwa ODP dan pasien dalam pengawasan (PDP) kategori ringan Covid-19 diperbolehkan isolasi mandiri.

TRIBUNJAKARTA.COM/DWI PUTRA KESUMA
Wali Kota Depok, Mohammad Idris, saat dijumpai wartawan di Ruang Teratai balai Kota Depok, senin (18/5/2020). 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Dwi Putra Kesuma

TRIBUNJAKARTA.COM, PANCORAN MAS – Wali Kota Depok, Mohammad Idris, mengatakan bahwa orang dalam pemantauan (ODP) dan pasien dalam pengawasan (PDP) kategori ringan Covid-19 diperbolehkan isolasi mandiri.

Hal ini, berbeda dengan yang dialami pasien positif Covid-19 yang harus menjalani perawatan di sejumlah Rumah Sakit rujukan, serta tidak diizinkan menjalani isolasi mandiri.

“ODP dan PDP ringan memang dibolehkan secara aturan atau ketentuan dari Menteri Kesehatan. Tapi kalau positif seharusnya mereka tidak isolasi mandiri kecuali atas izin Gugus Tugas atau izin Kementerian,” kata Idris di Ruang Teratai Balai Kota Depok, Pancoran Mas, Senin (18/5/2020).

Idris menjelaskan, beberapa waktu lalu ada kasus seorang pasien positif yang menjalani karantina mandiri di rumahnya.

Namun, pasien tersebut berstatus sebagai dokter spesialis dan juga mendapatkan izin dari Gugus Tugas Covid-19 untuk menjalani isolasi mandirinya.

“Soalnya waktu itu salah satu pasien di Depok ada yang dokter spesialis, kita melihat keluarganya sudah bisa sangat kondusif dan kita izinkan isolasi mandiri. Subhanallah, dua minggu sembuh,” katanya.

Terakhir, Idris berujar pihaknya tidak akan segan menjemput paksa bilamana ada pasien positif yang enggan dibawa ke rumah sakit untuk diisolasi.

“Tapi kalau memang tidak atas izin dan atas kemauan sendiri dia positif kita akan paksa untuk di rumah sakit isolasi yang sudah kita siapkan,” ujarnya.

Penulis: Dwi putra kesuma
Editor: Wahyu Aji
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved