Breaking News:

Virus Corona di Indonesia

Minta Anies Tarik Fee Formula E, Politisi NasDem: Tolong Kembalikan Uang Rakyat

dana Rp 360 miliar yang telah disetorkan Pemprov DKI untuk penyelenggaraan Formula E di tahun 2020 ini bisa dialihkan untuk penanganan Covid-19

TRIBUNJAKARTA.COM/DIONISIUS ARYA BIMA SUCI
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Chief Championship Officer Formula E Alberto Longo di kawasan Monas, Gambir, Jakarta Pusat, Jumat (20/9/2019). 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Dionisius Arya Bima Suci

TRIBUNJAKARTA.COM, GAMBIR - Politisi NasDem Jupiter mendesak Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menarik kembali uang commitment fee penyelenggaraan Formula E yang sebelumnya telah disetorkan.

Sebab, saat ini kondisi keuangan daerah sangat memprihatinkan lantaran mengalami penurunan pendapatan hingga 53 persen imbas dari pandemi Covid-19.

"Saya dengan tegas meminta Pemprov DKI Jakarta untuk tarik uang commitment fee Formula E," ucapnya, Rabu (20/5/2020).

Pemprov DKI Jakarta sendiri telah menghabiskan anggaran sebesar Rp 360 miliar yang dibayarkan kepada Federasi Otomotif Internasional (FIA) sebagai commitment fee Formula E untuk tahun 2020.

Selain itu, anggaran sebesar 11 juta poundsterling atau setara dengan Rp 207,69 miliar (asumsi 1 pound sebesar Rp 18.881) juga telah dibayarkan untuk commitment fee Formula E tahun 2021 mendatang.

Jika dijumlah, Pemprov DKI telah menggelontorkan dana hingga Rp 560 miliar lebih untuk penyelenggaraan Formula E tahun 2020 dan 2021.

Untuk balapan Formula E di tahun 2020 ini, Anies telah resmi menundanya dengan alasan kekhawatiran terhadap pandemi Covid-19.

Seharusnya ajang balap mobil listrik itu dihelat di Jakarta pada 6 Juni mendatang.

Pandemi Covid-19 ini pun disebut Jupiter sebagai kondisi force majeur yang dialami di seluruh dunia sehingga Formula E tidak dapat dilaksanakan di banyak negara.

Halaman
12
Penulis: Dionisius Arya Bima Suci
Editor: Muhammad Zulfikar
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved