Breaking News:

Ramadan 2020

Penderita Diabetes Boleh Cicipi Kue Lebaran Asal Tak Berlebihan, Berikut Resep Nastar Ramah Diabetes

Khawatir gula darah akan naik jika mengkonsumsi kue-kue manis, penderita diabetes harus menghindari kue khas lebaran

TRIBUNJAKARTA.COM/PEBBY ADE LIANA
Kue Nastar dan kue kering keju atau kastengel menjadi kue lebaran yang banyak disukai orang. 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Pebby Adhe Liana

TRIBUNJAKARTA.COM, JAKARTA - Hari Raya Idul Fitri segera tiba dalam waktu dekat. Meski perayaan kali ini agak berbeda dari tahun sebelumnya akibat pandemi, namun bukan berarti kamu tak bisa menikmati berbagai hidangan lezat khas momen lebaran.

Baik bagi orang yang sehat, maupun penderita diabetes.

Khawatir gula darah akan naik jika mengkonsumsi kue-kue manis, penderita diabetes harus menghindari kue khas lebaran, seperti nastar misalnya.

Namun tunggu dulu, Executive Chef Prasanthi Hotels and Resort Chef Bahran punya resep untuk membuat kue nastar berdasarkan panduan membuat kue kering yang aman untuk pasien diabetes.

"Penderita diabetes disarankan untuk membatasi asupan makanan yang mengandung gula dan lemak jenuh. Selain mengandung banyak gula, kue kering yang di buat untuk hari raya lebaran juga mengandung mentega, susu, dan krim yang mengandung lemak jenuh. Karena itu, kue kering termasuk makanan yang perlu dihindari oleh penderita diabetes," kata Chef Bahran.

"Tetapi jika Anda benar-benar ingin makan makanan ringan yang satu ini, ada beberapa cara untuk membuat kue kering menjadi lebih ramah bagi penderita diabetes," tuturnya.

Dalam membuat kue yang lebih sehat ini, Chef Bahran mengganti sebagian bahan yang digunakan dengan bahan-bahan yang lebih ramah bagi penderita diabetes.

Seperti halnya campuran tepung terigu, Anda bisa menggunakan tepung gandum sebagai gantinya, mentega atau margarin yang diganti dengan minyak yang ramah diabetes seperti margarin rendah lemak atau minyak canola, atau juga vegetable oil sehingga kandungan lemaknya bisa dikurangi, serta pemanis yang disarankan oleh dokter.

"Hanya saja, meski dianggap lebih sehat, ingat jangan mengkonsumsi secara berlebihan, nanti gula darah nya naik lagi. Dengan melihat panduan membuat kue kering untuk diabetes di atas, bukan tidak mungkin bagi penderita diabetes untuk mengkonsumsi makanan ringan yang biasa tersedia di perayaan lebaran ini. Hanya, untuk menjaga kadar gula darah dalam tubuh, jangan terlalu banyak," tuturnya.

Halaman
12
Penulis: Pebby Ade Liana
Editor: Wahyu Aji
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved