Lebaran 2020

Jelang Lebaran, 239 Personel Gabungan Jaga Ketat Keberangkatan Domestik Bandara Soekarno-Hatta

Sampai saat ini, diketahui terdapat lebih dari 100 calon penumpang yang ditolak berangkat karena tidak memenuhi dokumen

TribunJakarta.com/Ega Alfreda
Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir (kiri) dan Direktur Utama PT. Angkasa Pura II, Muhammad Awaluddin (kanan) saat memantau persiapan Bandara Soekarno-Hatta menangkal Virus Corona, Rabu (11/3/2020). 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Ega Alfreda

TRIBUNJAKARTA.COM, TANGERANG - Ratusan personel gabungan dari Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 di Bandara Soekarno-Hatta memantau pergerakan penumpang rute domestik.

Sebanyak 239 personel setiap hari berjaga mengawal berjalannya prosedur keberangkatan penumpang rute domestik dan kedatangan penumpang internasional.

Personel tersebut terdiri dari Aviation Security dan Medical Service Assistant dari PT Angkasa Pura II, KKP – Kemenkes, dan TNI/Polri.

"Jumlah personel untuk titik keberangkatan dan kedatangan saat ini sudah ditambah menjadi 239 personel per hari," kata Direktur Utama PT. Angkasa Pura II, Muhammad Awaluddin, Kamis (22/5/2020).

Dengan penambahan personel tersebut, ia mengaku akan sangat membantu pengawalan pemeriksaan dokumen penumpang di Bandara Soekarno-Hatta.

"Personel yang bertugas juga telah mengidentikasi adanya calon penumpang yang membawa dokumen tidak valid hingga surat keterangan rapid test/PCR yang kedaluwarsa," sambung Awaluddin.

Sampai saat ini, diketahui terdapat lebih dari 100 calon penumpang yang ditolak berangkat karena tidak memenuhi dokumen yang dipersyaratkan.

Adapun guna membuat pemeriksaan dokumen dan kesehatan lebih fokus, kini proses keberangkatan rute domestik di Terminal 2 dibagi ke dalam empat checkpoint.

Calon penumpang pesawat juga harus menjalani sendiri secara langsung setiap proses di checkpoint tersebut, atau tidak bisa diwakilkan.

Langgar PSBB, 400 Kios di Pasar Tanah Abang Ditutup Paksa, Ini Penjelasan Camat

Kerumunan di Ibu Kota Saat PSBB, Ketua FAKTA: Warga Jakarta Dongkol dan Marah

Anak Buah Anies Baswedan Bakal Bubarkan Warga yang Nekat Gelar Takbir Keliling saat PSBB

"Prosedur di setiap checkpoint dilakukan mengedepankan transparansi dengan tatap muka antara personel dan calon penumpang pesawat guna memastikan terpenuhinya aspek keamanan dan keselamatan penerbangan," jelas Awaluddin.

Sementara itu, terkait dengan keamanan selama di bandara, jumlah personel yang bertugas setiap harinya terdiri dari Avsec dan Non-Avsec PT Angkasa Pura II (362 personel), BKO TNI (42 personel), dan Polresta Soekarno-Hatta (600 personel).

Penulis: Ega Alfreda
Editor: Erik Sinaga
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved