Anggota DPD Nilai Kementan Tingkatkan Kesejahteraan Petani dari Distribusi Alsintan

Menurut Riri, optimalnya penggunaan alsintan bakal turut mempengaruhi kehidupan perekonomian petani

Tribunnews.com/Hendra Gunawan
Lahan Pertanian 

TRIBUNJAKARTA.COM, JAKARTA - Anggota DPD RI, Riri Damayanti mengapresiasi gencarnya distribusi alat mesin pertanian (alsintan) dari pemerintah Indonesia yang hingga kini jumlahnya terus bertambah.

"Apalagi pada situasi pandemi wabah virus Covid-19 saat ini, alsintan dari Kementan bisa mempercepat pekerjaan petani sehingga produksi pangan tetap terus tersedia karena pengelolaannya telah dibantu teknologi," ujar Riri kepada wartawan, Sabtu (23/5/2020).

Menurut Riri, optimalnya penggunaan alsintan bakal turut mempengaruhi kehidupan perekonomian petani.

Pasalnya, ucap Riri, waktu kerja petani lebih singkat dan hasil taninya juga bertambah.

"Dengan begitu kehidupan petani lebih baik sebab produksinya bertambah. Otomatis pendapatannya ikut naik dan pekerjaan tidak memerlukan tenaga ekstra, petani bisa lebih ringkas bekerja," ucap Riri.

Selain Tegal, Makassar Juga Akhiri PSBB, Sekolah Hingga Mall Siap Dibuka Kembali

Sempat Cekcok dengan Habib Umar Assegaf, Oknum Satpol PP Minta Maaf Hingga Dihadiahi Umrah

Hal lainnya disoroti Riri yaitu, distribusi alsintan yang maksimal dari Kementan akan mengubah wajah pertanian Indonesia menjadi modern dan siap berdaya saing di kancah internasional.

Sebagai informasi, Mentan Syahrul Yasin Limpo mengungkapkan, sejak tahun 2014 sampai 2019, pihaknya telah menyalurkan alsintan pra panen sebanyak 447.047 unit.

Distribusi alsintan terdiri dari traktor roda 2, traktor roda 4, cultivator serta pompa air. Selain itu, Kementan juga memfasilitasi layanan jasa alsintan dalam bentuk program sewa alat, jasa olah tanah, jasa tanam, jasa panen dan simpan pinjam.

Editor: Muhammad Zulfikar
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved