Salat Jumat di Bekasi Sejak Penutupan

Gelar Salat Jumat Perdana, DKM Al-Barkah Bekasi Terharu Masjid Bisa Dibuka Lagi

Pelaksanaan salat jumat di Masjid Agung Al-Barkah berjalan dengan menerapkan protokoler kesehatan cukup ketat

Penulis: Yusuf Bachtiar | Editor: Muhammad Zulfikar
TribunJakarta/Yusuf Bachtiar
Saf Salat Jumat Perdana di Masjid Agung Al-Barkah Dibuat Berjarak 1,2 Meter, Jumat (29/5/2020) 

Laporan wartawan TribunJakarta.com, Yusuf Bachtiar

TRIBUNJAKARTA.COM, BEKASI SELATAN - Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) Agung Al-Barkah, Kelurahan Margajaya, Kecamatan Bekasi Selatan, Kota Bekasi mengaku terharu dapat kembali menggelar salat jumat perdana pasca-penutupan panjang masjid akibat Covid-19.

Pembukaan kembali masjid setelah cukup lama ditutup ditandai dengan pelaksanaan salat jumat berjemaah yang dihadiri ratusan jemaah, Jumat, (29/5/2020).

Ketua DKM Al-Barkah Bekasi, Seaful Bahri dalam sambutannya mengatakan, rasa syukur dipanjatkan kehadirat Allah SWT atas rahmat dan nikmat bisa dapat membuka kembali masjid setelah kurang lebih dua bulan ditutup.

"Alhamdulillah pada hari ini Jumat 29 Mei kita bisa kembali untuk megisi Masjid Agung Al-Barkah yang kita cintai ini dalam rangka untuk melaksanakan ibadah salat jumat," kata Saeful dalam sambutannya.

Pelaksanaan salat jumat di Masjid Agung Al-Barkah berjalan dengan menerapkan protokoler kesehatan cukup ketat.

Terdapat dua akses pintu masuk ke kawasan masjid, keduanya dilengkapi dengan bilik penyemprotan disinfektan agar setiap jemaah yang masuk steril.

Disamping itu, petugas penjaga pintu masuk juga melakukan pengecekan suhu tubuh jemaah satu per satu.

Sebelum masuk ke dalan area tempat salat, jemaah juga diwajibkan mencuci tangan dengan menggunakan sabun.

Mereka juga diberikan kantung plastik untuk membungkus sandal karena pihak pengelola masjid tidak menyediakan penitipan sepatu atau sandal selama pelaksanaan salat.

Shaf salat juga diatur merenggang dengan jarak 1,2 meter, para jemaah juga diingatkan agar tidak melakukan kontak seperti misalnya bersalaman usai melaksanakan salat.

Usai salat, jemaah juga keluar secara tertib, petugas juga tetap melakukan penjagaan agar jemaah keluar tidak berkerumun.

Pihak DKM Al-Barkah usai melaksanakan salat tidak ingin memberikan pernyataan, awak media dapat melihat langsung apa yang terjadi selama salat jumat berlangsung.

Namun, momen dibukanya kembali masjid untuk kegiatan keagamaan ini tentu membuat haru, lantaran sudah cukup lama aktivitas masjid tutup guna menghindari penularan Covid-19.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jakarta
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved