Breaking News:

Antisipasi Virus Corona di DKI

Perketat Kedisiplinan, Apartemen Taman Rasuna Terapkan Denda Terhadap Orang yang Tak Gunakan Masker

Apartemen Taman Rasuna menginisiasi regulasi dengan unsur punishment berupa denda bagi siapa saja penghuni atau tamu yang tak menggunakan masker

Istimewa
Apartemen Taman Rasuna terapkan sejumlah aturan terkait penerapan PSBB memutus penyebaran virus corona atau Covid-19 

TRIBUNJAKARTA.COM, JAKARTA - Pandemi covid 19 yang melanda berbagai negara di belahan dunia khususnya di Jakarta memaksa kita beradaptasi dengan kebiasaan-kebiasaan baru, diantaranya menjaga jarak, mengurangi interaksi langsung dan berpindah ke interaksi daring, menghindari kerumunan dan berkegiatan di luar, hingga menerapkan pola hidup bersih dengan rajin mencuci tangan serta mengenakan masker jika melakukan kegiatan di luar.

Khusus penggunaan masker, bisa dibilang menjadi faktor penentu pencegahan penularan virus Covid-19 karena masker mampu menahan droplet yang menjadi sumber penyebaran virus tersebut.

Berdasarkan hal itu, maka dirasa penting bagi siapapun untuk disiplin mengenakan masker apabila berkegiatan di luar.

Guna meningkatkan kedisiplinan penggunaan masker ini, salah satu apartemen di Jakarta, Apartemen Taman Rasuna menginisiasi regulasi dengan unsur punishment berupa denda bagi siapa saja penghuni atau tamu yang tak menggunakan masker di Lingkungan Apartemen Taman Rasuna.

“Dalam rangka pencegahan penularan wabah Covid-19 maka mulai 1 Juni 2020 kami mewajibkan setiap orang atau memasuki area apartemen untuk menggunakan masker,” ucap Manager TR Badan Pengelola Apartemen Taman Rasuna, Yunita Irma saat dihubungi Minggu (31/5/2020).

Persiapan New Normal, Warga Gotong Royong Bersihkan Masjid Umar Ibnu Abdul Aziz di Tebet

Gagal Susul ke Austria, Ini yang Dilakukan Awan Agar Bisa Bersama Arzum

Wali Kota Airin Nyatakan Rumah Ibadah Boleh Dibuka Sementara Mal Masih Harus Dipertimbangkan

Ketentuan itu didasarkan pada SK Pengurus P3RS Apartemen Taman Rasuna No 07/P3SRSATR-SK/Penggunaan Masker/V/2030 tanggal 29 Mei 2020, dimana di dalamnya juga diatur mengenai penerapan denda sebesar Rp 500 ribu bagi penghuni atau tamu yang tidak menenakan masker dan terdeteksi oleh kamera dan CCTV di lingkungan Apartemen Taman Rasuna.

Denda tersebut juga berlaku jika ada laporan ke Badan Pengelola yang disertai bukti foto/video dengan aplikasi timestamp.

“Untuk memberikan penegasan, penghuni yang telah terbukti tidak mengenakan maskerdi area umum dan menolak membayar maka denda akan dimasukkan ke dalam tagihan bulanan sesuai mekanisme penagihan yang berlaku di Badan Pengelola,” tegas Yunita.

Diharapkan regulasi penggunaan masker ini akan meningkatkan kedisiplinan penghuni Apartemen Taman Rasuna dan mencegah penularan Covid-19 sekaligus dalam jangka panjang akan melahirkan budaya baru untuk bersama mengambil tanggung jawab dalam memerangi pandemi ini mulai dari diri sendiri.

“Kami berharap dengan adanya regulasi ini warga semakin disiplin menggunakan masker dan tentunya akan berdampak pada pencegahan penularan Covid-19, khususnya di wilayah Apartemen Taman Rasuna,” tandasnya.

Editor: Muhammad Zulfikar
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved