Breaking News:

Petugas Damkar Gunakan Obat Nyamuk Semprot Evakuasi Biawak Bersembunyi di Gorong-gorong Rumah Warga

Petugas damkar mengamankan seekor biawak yang meresahkan warga di Jalan H Simang, Kelurahan Srengseng Sawah, Kecamatan Jagakarsa.

Penulis: Satrio Sarwo Trengginas | Editor: Wahyu Aji
ISTIMEWA/Dokumentasi Damkar Jagakarsa
Petugas damkar Jagakarsa mengevakuasi biawak sepanjang 1,5 meter yang bersembunyi di gorong-gorong rumah pada Senin (1/6/2020).   

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Satrio Sarwo Trengginas

TRIBUNJAKARTA.COM, JAGAKARSA - Petugas damkar mengamankan seekor biawak yang meresahkan warga di Jalan H Simang, Kelurahan Srengseng Sawah, Kecamatan Jagakarsa, Jakarta Selatan.

Biawak itu bersembunyi di gorong-gorong depan rumah warga.

Warga lalu melaporkan penemuan biawak itu kepada Petugas Damkar Jagakarsa.

Pihak damkar menerima berita sekira pukul 16.22 WIB pada Senin (1/6/2020). Dikerahkan tiga personel untuk mengamankan biawak.

Menurut Ka. Regu Grup A Sektor X Jagakarsa Sudin Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan Jakarta Selatan, Sudrajat, petugas menggunakan penyemprot nyamuk yang mengandung pewangi agar biawak itu keluar.

Penyemprot nyamuk digunakan agar indera perasa dan penciuman biawak merasa terganggu.

"Lidah biawak akan menangkap bau yang menyengat, merasa terganggu dan tidak nyaman sehingga berusaha keluar dari gorong-gorong menghindari bau menyengat tersebut," ungkapnya saat dikonfirmasi TribunJakarta.com.

Sekira 10 menit, ekor biawak yang terlihat oleh petugas langsung ditarik keluar.

Namun, saat ditarik petugas mengalami kesulitan lantaran ukuran biawak yang cukup besar dengan panjang sekira 1,5 meter.

Setelah berhasil dievakuasi, petugas damkar memberikan biawak itu kepada komunitas reptil. Komunitas tersebut, lanjut Sudrajat yang akan mengembalikan ke habitatnya.

Diduga biawak itu berasal dari kali yang berdekatan dengan permukiman.

Sudrajat mengimbau kepada masyarakat bila melihat keberadaan biawak yang meresahkan bisa laporkan ke nomor 112 atau datang ke pos damkar terdekat.

"Agar biawak dapat dievakuasi petugas. Selanjutnya dikembalikan ke habitatnya," katanya.

Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved