Jakarta Terapkan PSBB Transisi

MRT Jakarta Bakal Mulai Beroperasi Normal Mulai Besok saat PSBB Masa Transisi Diterapkan

Moda Raya Terpadu atau MRT Jakarta beroperasi normal mulai Jumat, 5 Juni 2020 besok.

Biro Pers Sekretariat Presiden
Presiden Joko Widodo mendatangi stasiun MRT Bundaran HI, Jakarta Pusat terkait kesiapan penerapan new normal. 

Laporan wartawan TribunJakarta.com, Pebby Adhe Liana

TRIBUNJAKARTA.COM, GAMBIR - Moda Raya Terpadu atau MRT Jakarta beroperasi normal mulai Jumat, 5 Juni 2020 besok.

Direktur Utama PT MRT Jakarta (Perseroda), William Sabandar mengatakan bahwa sesuai dengan hasil arahan Pemprov DKI Jakarta untuk pembukaan kembali transportasi publik dalam masa transisi fase I, operasional MRT Jakarta kembali seperti biasanya dengan membuka seluruh stasiun.

"Mulai besok, MRT Jakarta akan kembali beroperasi normal dengan membuka seluruh 13 stasiun,” kata William dalam keterangannya, Kamis (4/6/2020).

Menindaklanjuti arahan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan terkait pelaksanaan PSBB masa transisi, ada sejumlah prinsip yang harus diterapkan dalam operasional transportasi publik.

Simak Jadwal Terbaru KRL pada PSBB Masa Transisi DKI Jakarta, Mulai Pukul 04.00 hingga 20.00 WIB

Diantaranya hanya boleh diisi oleh 50 persen kapasitas penumpang harian. Baik itu bus, kereta, di halte, atau di stasiun.

Selain itu, antrean penumpang juga diwajibkan memiliki jarak minimal satu meter antar penumpang. Melakukan penyemprotan disinfektan secara rutin, jadwal normal, termasuk menggunakan headway yang singkat.

"PT MRT Jakarta tetap menerapkan protokol kesehatan yang selama ini telah dilaksanakan seperti pemeriksaan suhu tubuh, mewajibkan pemakaian masker bagi penumpang, dan selalu mengedukasi penumpang untuk selalu menjaga jarak, rajin mencuci tangan, serta tidak berbicara, baik satu atau dua arah, selama di dalam kereta dan area peron stasiun,"jelas William.

DKI Jakarta Bakal Berlakukan PSBB Masa Transisi, Aturan Ganjil Genap Tak Diberlakukan Sepekan

Adapun jam operasional MRT Jakarta selama masa PSBB transisi dimulai pukul 05.00 WIB sampai dengan pukul 21.00 WIB untuk hari kerja dengan jarak antar kereta atau headway setiap 10 menit sekali.

Sementara pada akhir pekan, operasional MRT Jakarta dimulai pukul 06.00 WIB sampai dengan pukul 20.00 WIB dengan jarak kereta setiap 20 menit sekali.

"Pembatasan jumlah penumpang 62 sampai 67 orang per gerbong atau 390 orang per rangkaian kereta," tutur William.

Penulis: Pebby Ade Liana
Editor: Suharno
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved