Breaking News:

Liga 1 2020

PSSI Sarankan Kompetisi Liga 1 Berlanjut, APSSI Minta Waktu 2 Bulan Persiapan

Jika kompetisi bisa bergulir lagi, APSSI menyarankan kepada PSSI untuk memulai beraktivitas lagi di dunia sepak bola minimal dua bulan sebelumnya.

Tribunnews/Abdul Majid
Pelatih kepala Timnas Indonesia, Simon McMenemy bersama kedua asistennya Yeyen Tumena dan Joko Susilo di Kantor PSSI, Jakarta, Senin (25/2/2019). 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Wahyu Septiana

TRIBUNJAKARTA.COM, JAKARTA - Federasi sepak bola Indonesia, PSSI berencana menggulirkan lagi kompetisi sepak bola Liga 1 dan Liga 2 dalam waktu dekat.

Wacana tersebut muncul setelah melakukan rapat secara virtual dengan para kontestan Liga 1, Liga 2, Asosiasi Pesepakbola Profesional Indonesia (APPI), dan Asosiasi Pelatih Sepak bola Seluruh Indonesia (APSSI).

Opsi tersebut belum disahkan oleh PSSI karena harus terlebih dahulu dibahas bersama para anggota Komite Eksekutif (Exco).

Jika kompetisi bisa bergulir lagi, APSSI menyarankan kepada PSSI untuk memulai beraktivitas lagi di dunia sepak bola minimal dua bulan sebelumnya.

Setiap pelatih perlu mempersiapkan tim dengan baik agar performanya bisa tampil bagus ketika menjalani kompetisi Liga 1.

"Apakah Liga 1 dan 2 dimulai lagi September atau Oktober 2020 itu biar PSSI dan PT Liga Indonesia Baru yang menentukan. Namun, usulan kami dari para pelatih adalah kegiatan harus dimulai dua bulan sebelumnya," kata Ketua APSSI, Yeyen Tumena dalam jumpa pers secara virtual.

Selain itu, harus ada turnamen pramusim yang dimainkan agar tim-tim di Indonesia bisa memperbaiki segala kekurangannya sebelum berlaga di kompetisi resmi.

"Sesuai ilmu yang kami pelajari, masa persiapan pramusim itu minimal enam minggu, kemudian dilanjutkan dengan dua minggu turnamen pramusim dan persiapan akhir menjelang kompetisi. Jadi total minimal dua bulan," ucapnya.

Lebih lanjut, keputusan kapan kompetisi Liga 1 bisa bergulir merupakan wewenang dari induk sepak bola di Indonesia.

"Jangan dipikir, misalnya liga mulai September, maka latihannya sejak September," tutup Yeyen Tumena.

Penulis: Wahyu Septiana
Editor: Wahyu Aji
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved