Breaking News:

Pemerintah Tetapkan Batas Maksimal Jumlah Penumpang Transportasi Umum 70 Persen

Pihaknya kini mengizinkan jumlah maksimal penumpang angkutan umum menjadi 70 persen

Tangkapan Layar
Tangkapan layar saat Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi ikut telekonferensi melalui Zoom, Senin (27/4/2020). 

TRIBUNJAKARTA.COM, JAKATA - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) merevisi aturan terkait jumlah penumpang pada transportasi umum.

Pihaknya kini mengizinkan jumlah maksimal penumpang angkutan umum menjadi 70 persen.

Hal tersebut, terkait dalam rangka menyambut new normal yang kini diterapkan.

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi, mengatakan, dengan dibukanya kembali sejumlah aktivitas ekonomi, akan berdampak pada terjadinya peningkatan aktivitas perjalanan orang melalui transportasi.

Untuk itu Kemenhub melakukan antisipasi dengan melakukan penyempurnaan Permenhub 18/2020 tentang pengendalian transportasi dalam rangka mencegah penyebaran Covid-19.

“Pengendalian transportasi yang dilakukan menitikberatkan pada aspek kesehatan, karena kami berupaya untuk menyediakan transportasi. Agar masyarakat baik itu petugas transportasi maupun penumpang tetap bisa produktif namun tetap aman dari penularan Covid-19 sebagaimana arahan Presiden RI Joko Widodo,” jelas Budi Karya di Jakarta, (9/6/2020).

Secara umum, lanjutnya, ruang lingkup pengendalian transportasi yang dilakukan adalah untuk seluruh wilayah dan untuk wilayah yang ditetapkan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB).

Pengendalian transportasi yang dilakukan meliputi penyelenggaraan transportasi darat (kendaraan pribadi dan angkutan umum seperti mobil penumpang, bus, dan angkutan sungai, danau dan penyeberangan), laut, udara dan perkeretaapian.

Para penumpang angkutan umum dan kendaraan pribadi, para operator sarana dan prasarana transportasi wajib melakukan penerapan protokol kesehatan, penerapan pembatasan jumlah penumpang.

Dari jumlah kapasitas tempat duduk dan penerapan physical distancing (jaga jarak) mulai saat persiapan perjalanan, selama perjalanan, dan saat sampai tujuan atau kedatangan.

Halaman
1234
Editor: Erik Sinaga
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved