Breaking News:

Hindari Antrean Untuk Perpanjangan Masa Berlaku SIM, Ini 7 Langkah Mudah Perpanjangan SIM Online

Hindari antrian panjang, berikut tujuh langkah mudah lakukan perpanjangan masa berlaku SIM secara online melalui website sim.korlantas.polri.go.id.

Editor: Suharno
TribunJakarta.com/Yusuf Bachtiar
Gerai permohonan perpanjangan SIM di Mal Pelayanan Publik Kota Bekasi, Jalan Ir. Juanda Bekasi Timur. 

TRIBUNJAKARTA.COM - Berikut tujuh langkah mudah lakukan perpanjangan masa berlaku SIM secara online melalui website sim.korlantas.polri.go.id.

Seperti diketahui layanan perpanjangan SIM atau Surat Izin Mengemudi di sejumlah kantor Satuan Pelayanan Administrasi (Satpas), menimbulkan antrean panjang.

Hal ini lantaran selama masa Pembatasan Sosial Berskala Besar ( PSBB), semua gerai untuk perpanjangan masa berlaku SIM ditutup mulai tanggal 17 Maret hingga 29 Mei.

Para pemegang SIM khawatir tidak bisa melakukan perpanjangan lagi, karena masih berstatus pandemi virus corona alias Covid-19.

"Dibandingkan dengan pekan lalu, memang antreannya mulai berkurang," kata Kepala Bidang Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus, Rabu (10/6/2020).

"Tapi diingatkan kembali bahwa jangan terburu-buru karena bagi pemilik SIM yang habis masa berlaku pada 17 Maret sampai 29 Mei diberikan dispensasi hingga 31 Agustus 2020," sambungnya.

BREAKING NEWS: Satu Keluarga Tewas Secara Misterius di Dalam Rumah di Balaraja Kabupaten Tangerang

Keluar Jabodetabek Melalui Bandara Soekarno-Hatta Tidak Lagi Memerlukan SIKM

Terkunci Sendiri dan Orangtuanya Pergi, Seorang Anak di Kota Bekasi Mengamuk dan Bakar Rumah

Pemilik Pergi Tinggalkan Kompor yang Masih Menyala untuk Memasak, Rumah di Batu Ampar Terbakar

Petugas menyemprot disinfektan ke peralatan yang ada di Satpas SIM Daan Mogot, Jakarta Barat.
Petugas menyemprot disinfektan ke peralatan yang ada di Satpas SIM Daan Mogot, Jakarta Barat. (Istimewa/Dokumentasi Satpas SIM Daan Mogot)

Berdasarkan keterangan tersebut, dipastikan bahwa pemilik SIM yang masa berlakunya habis sejak layanan diberhentikan sementara pada Maret lalu, bisa melakukan perpanjangan tanpa harus membuat SIM baru.

Kemudian, guna mengurai penumpukkan massa dan jumlah antrean di Satpas, Polda Metro Jaya pun mengimbau agar pemilik SIM memanfaatkan layanan daring atau online.

Jaringan tersebut terhubung dengan sejumlah Satpas yang terdaftar secara online tanpa terikat alamat pada KTP asal.

Daftar satpas yang sudah terdaftar online dapat dilihat pada bagian 'Daftar Satpas Online' di laman sim.korlantas.polri.go.id.

Halaman
123
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved