Breaking News:

Jakarta Terapkan PSBB Transisi

PSBB Masa Transisi, Homestay di Kepulauan Seribu yang Melanggar Batas Maksimal Tamu Akan Ditutup

Pembukaan akses wisatawan ke Kepulauan Seribu membuat homestay atau penginapan yang ada di sana kembali menerima tamu mulai hari ini.

TRIBUNJAKARTA.COM/GERALD LEONARDO AGUSTINO
Kepala Suku Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Parekraf) Kepulauan Seribu Puji Hastuti di Dermaga Marina Ancol, Jakarta Utara, Sabtu (13/6/2020). 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Gerald Leonardo Agustino

TRIBUNJAKARTA.COM, PADEMANGAN - Pembukaan akses wisatawan ke Kepulauan Seribu membuat homestay atau penginapan yang ada di sana kembali menerima tamu mulai hari ini.

Saat sudah diperbolehkan buka di PSBB masa transisi ini, pengelola homestay harus tetap memerhatikan protokol pencegahan penyebaran Covid-19.

Kepala Suku Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Parekraf) Kepulauan Seribu Puji Hastuti mengatakan, salah satu hal utama yang harus diperhatikan adalah batas maksimal tamu homestay yakni 50 persen dari kapasitas normal.

"Dari Kadis Parekraf udah buat protokol. Jadi mulai dari masuk sampai selesai kapasitas 50 persen," kata Puji di Dermaga Marina Ancol, Jakarta Utara, Sabtu (13/6/2020).

Kabupaten Tangerang Mendukung Perpres Perencanaan Tata Ruang Jabodetabekpunjur

Untuk meyakini tak ada pengelola homestay yang melanggar batas maksimal jumlah tamu, pengawasan akan terus dilakukan.

Pemerintah Kabupaten Kepulauan Seribu akan menerjunkan Satpol PP yang dibantu TNI-Polri untuk mengawasi operasional homestay.

Jika ada yang terbukti melanggar kebijakam tersebut, maka para pengelola homestay akan dikenakan sanksi sesuai dengan peraturan termasuk sanksi penutupan.

"Kita sudah sampaikan pakta integritas yang harus ditandatangan oleh pengelola dan diharapkan dilaksanakan. Kalau ada pelanggaran diberi sanksi termasuk ditutup," ucap dia.

Baca Manga One Piece Chapter 982: Monkey D Luffy Bakal Hadapi Dua Anggota Tobi Roppo Kaido?

Adapun saat ini ada 661 homestay yang tersebar di pulau-pulau pemukiman di Kepulauan Seribu. Sementara kapasitas kamar seluruhnya berjumlah 1.826 kamar.

Penulis: Gerald Leonardo Agustino
Editor: Suharno
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved