Breaking News:

Pemkot Tangsel Dikritik Masalah Sampah TPA Cipeucang Terendam 10 Meter Kedalaman Sungai Cisadane

Tiga pekan sudah sejak gunungan sampah TPA Cipeucang mendorong turap atau sheet pile hingga ambruk dan tumpah ke Sungai Cisadane.

Dokumentasi BBWSCC
Kepala Balai Besar Wilayah Sungai Ciliwung Cisadane (BBWSCC) Bambang Hidayah menemui Wali Kota Tangerang Selatan (Tangsel), Airin Rachmi Diany dan meninjau longsoran sampah Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Cipeucang, Serpong, Jumat (29/5/2020). 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Jaisy Rahman Tohir

TRIBUNJAKARTA.COM, SERPONG - Pengerukan longsoran sampah dari Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Cipeucang yang terendam di Sungai Cisadane, belum juga rampung.

Tiga pekan sudah sejak gunungan sampah TPA Cipeucang mendorong turap atau Sheet Pile hingga ambruk dan tumpah ke Sungai Cisadane.

Sejak itu pula Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Tangsel bersama kontraktor Sheet Pile dan pihak lain berusaha mengangkut sampah yang membendung sungai sumber air bersih masyarakat Tangerang Raya itu.

Ade Yunus, aktivis dari Yayasan Peduli Lingkungan Hidup (YAPELH), mengkritisi Pemkot Tangsel lambat dalam menjalankan tanggung jawabnya untuk mengangkut sampah kembali ke darat.

Selama proses pengerukan tak kunjung selesai, aliran Sungai Cisadane terus tercemar sampah.

DLH Tangsel mangkir dari janjinya yang menyebut akan mengangkut habis sampah sampai pertengahan Juni.

"Belum selesai, makanya kita bilang itu lambat Pemkot Tangsel. Saya selalu bilang lambat. Karena kan kata mereka pekan ini selesai, ternyata kan enggak selesai," ujar Ade saat dihubungi TribunJakarta.com, Minggu (14/6/2020).

Ade mengatakan, sampah di permukaan Cisadane masih terlihat, belum lagi yang berada di bawah permukaan.

Kedalaman Cisadane mencaapi 10 meter. Volume tumpahan sampahnya bisa lebih banyak dari yang terlihat di permukaan.

"Sisa-sisa puing, sampah, waktu terakhir kita aksi, kita rojok pakai besi, masih banyak sampahnya di dalam. Ada 10 meter itu di bawahnya permukaan. Kan dalam itu posisinya," ujarnya.

Penulis: Jaisy Rahman Tohir
Editor: Wahyu Aji
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved