Breaking News:

Antisipasi Virus Corona di DKI

86 Personel Polsek Ciracas Jakarta Timur Jalani Tes Swab Covid-19

Sebanyak 86 personel Polsek Ciracas, Polrestro Jakarta Timur hari ini menjalani tes swab Covid-19 yang digelar Puskesmas Kecamatan Ciracas.

Penulis: Bima Putra
Editor: Suharno
Dokumentasi Puskesmas Kecamatan Ciracas
Personel Polsek Ciracas saat menjalani pemeriksaan tes swab deteksi Covid-19 di Jakarta Timur, Selasa (16/6/2020). 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Bima Putra

TRIBUNJAKARTA.COM, CIRACAS - Sebanyak 86 personel Polsek Ciracas, Polrestro Jakarta Timur hari ini menjalani tes swab Covid-19 yang digelar Puskesmas Kecamatan Ciracas.

Kepala Puskesmas Kecamatan Ciracas Sunersih Handayani mengatakan pemeriksaan deteksi Covid-19 tersebut digelar atas permintaan pihak Polsek.

"Dari Kapolsek minta tolong agar anggotanya diperiksa. Karena mereka kan bertugas di lapangan, kontak dengan banyak orang, jadi berisiko tertular," kata Sunersih saat dikonfirmasi di Jakarta Timur, Selasa (16/6/2020).

Beda dengan pemeriksaan deteksi Covid-19 yang didahului rapid test, 86 personel Polsek Ciracas langsung menjalani tes swab.

Ratusan Warga Binaan di Panti Sosial Werdha Berea Kebon Jeruk Jalani Swab Test Covid-19

Satu pertimbangannya karena mereka bertugas mengawasi pelaksanaan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di tempat publik.

"Juga karena kita (Puskesmas) diminta meningkatkan aktif testing menemukan kasus baru. Target kami periksa 97 anggota Polsek, tapi tadi masih ada anggota yang tugas," ujarnya.

Sunersih menuturkan dalam pemeriksaan tersebut jajarannya juga melakukan pemeriksaan kesehatan terhadap 86 personel Polsek Ciracas.

Yakni layanan konsultasi gratis dan pemeriksaan penyakit tidak menular yang diberikan petugas Puskesmas Kecamatan Ciracas bagi personel.

"Untuk sampel sekarang kita kirim ke BBTKLPP (Balai Besar Teknik Kesehatan Lingkungan dan Pengendalian Penyakit). Hasilnya keluar dalam waktu sekitar satu minggu," tuturnya.

Sunersih menyebut sampel yang diuji lewat mesin polymerase chain reaction (PCR) itu tak dikirim ke Labkesda DKI Jakarta karena keterbatasan kapasitas.

Ayah Tiri Cabuli Anak Semenjak Korban Masih SD, Bahkan Pernah Dilakukan Saat Istri Masak di Dapur

Target Pemprov DKI Jakarta meningkatkan penemuan kasus baru Covid-19 lewat swab membuat jumlah sampel yang harus diperiksa per harinya melonjak.

"Labkesda sehari bisa meriksa 4-5 ribu sampel. Jadi dibagi, untuk wilayah (Puskesmas) Matraman, Pulogadung, Jatinegara masih ke Labkesda. Tapi Ciracas, Cipayung diminta ke BBTKLPP," lanjut Sunersih.

Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved