Antisipasi Virus Corona di DKI

Penghuni Melebihi Kapasitas, 30 Tahanan Rutan Pondok Bambu Positif Covid-19

Menurutnya pencegahan upaya penularan Covid-19 di Rutan sudah dilakukan, termasuk bekerja sama dengan Pemkot Jakarta Timur.

Penulis: Bima Putra | Editor: Wahyu Aji
Istimewa
Petugas medis yang melakukan pemeriksaan rapid test kepada tahanan Rutan Pondok Bambu di Duren Sawit, Jakarta Timur, Jumat (15/5/2020) 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Bima Putra

TRIBUNJAKARTA.COM, DUREN SAWIT - Jumlah Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) Rutan Pondok Bambu yang melebihi kapasitas menambah potensi penularan Covid-19 terhadap tahanan.

Meski tak menyebut asal kasus pertama positif, Kepala Rutan Pondok Bambu Dewi Sondari mengatakan sejak pandemi hingga kini tercatat sekitar 30 tahanan terkonfirmasi Covid-19.

"Kapasitas 411, saat ini 500 an (tahanan). Hari ini kita keluarkan 25 orang untuk pindahkan, mencegah overload tadi. Kami pindahkan ke LPP (Lapas Perempuan Pondok Bambu)," kata Dewi di Rutan Pondok Bambu, Jumat (19/6/2020).

Menurutnya pencegahan upaya penularan Covid-19 di Rutan sudah dilakukan, termasuk bekerja sama dengan Pemkot Jakarta Timur.

Yakni dengan menggelar pemeriksaan rapid test dan swab deteksi Covid-19 yang diselenggarakan Puskesmas Kecamatan Duren Sawit.

Dari sekitar 30 WBP positif Covid-19, kini tersisa delapan yang masih dirawat di RS Darurat Wisma Atlet dan RS Pertamina karena terkonfirmasi.

"Ketika turun dari Wisma Atlet (sembuh dari Covid-19) kita langsung isolasinya di RS Pengayoman dulu. Walaupun sudah negatif swab dua kali dari sana tapi tetap isolasi," ujarnya.

Dewi menuturkan hari ini pihaknya kembali melakukan tes swab hasil kerja sama dengan Puskesmas Kecamatan Duren Sawit.

Sebanyak 143 petugas dan enam WBP Rutan Pondok Bambu yang hasil rapid test sebelumnya reaktif dites guna mencegah penularan meluas.

"Kita masih menunggu hasilnya. Kalau hasilnya positif akan dirujuk ke (RS Darurat) Wisma Atlet. Untuk yang enam orang (WBP) hasil rapidnya reaktif sudah diisolasi," tuturnya.

Sumber: Tribun Jakarta
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved