Breaking News:

Info Kesehatan

Benarkah Minum Air Kelapa Bisa Lancarkan Proses Persalinan? Ini Penjelasan Dokter Kandungan

Harus kita akui berbagai mitos seputar kehamilan dan persalinan memang banyak tersebar di kalangan masyarakat.

Shutterstock
Ilustrasi air kelapa. 

TRIBUNJAKARTAS.COM, JAKARTA -- Harus kita akui berbagai mitos seputar kehamilan dan persalinan memang banyak tersebar di kalangan masyarakat.

Satu di antaranya mitos soal makanan juga banyak yang berhubungan dengan masa-masa kehamilan seperti kepercayaan rajin mengonsumsi air kelapa.

Secara turun menurun banyak orang tua yang menyuruh anaknya minum air kelapa saat hamil karena dipercaya bsia memperlancar proses persalinan.

Ilustrasi hamil
Ilustrasi hamil (freepik.com)

Dokter Spesialis Kandungan dan Kebidanan, dr Eric Kasmaran Sp.OG mengatakan sampai saat ini belum ada penelitian yang membuktikan air kelapa baik untuk persalinan.

"Belum ada penelitian yang membuktikan dengan meminum air kelapa dapat melancarkan persalinan," ucap dr. Eric saat webihar bersama RSPI, Kamis (18/6/2020).

Dr. Eric menyebutkan kalau minum air kelapa jangan sampai berlebihan karena bisa menimbulkan kontraksi berlebih untuk ibu hamil.

Perhatikan, 4 Cara Memasak Telur Agar Kandungan Nutrisi Tak Hilang

"Konsumsi air kelapa secara berlebihan dapat menyebabkan kontraksi berlebihan," kata dr. Eric.

Untuk memperlancar proses persalinan dr. Eric menyarankan untuk memenuhi gizi seimbang bagi ibu hamil yakni karbohidrat yakni nasi, roti, sereal.

Lalu penuhi juga kebutuhan protein dari daging, telur, hewan laut, kacang-kacangan, kemudian lemak dari daging, telur dan serat, vitamin dan mineral dengan memperbanyak sayur-sayuran dan buah-buahan.

Lalu tambah juga dengan susu boleh susu sapi dan produknya (yoghurt, keju), boleh juga susu low fat atau rendah-lemak dan asupan cairan yang cukup, minum banyak terutama air putih.

Untuk saat ini di tengah masa covid-19 hindari dulu makan di luar ruangan lebih baik makan makanan yang dimasak sendiri untuk menghindari covid-19

"Hindari makan di luar, lebih diutamakan makanan segar
yang dimasak sendiri untuk menjamin keamanan makanan," pungkas dr. Eric.

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul Dokter Bongkar Mitos Minum Air Kelapa yang Bisa Lancarkan Proses Persalinan

Editor: Muji Lestari
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved