Breaking News:

Tak Akui Indonesia, Ini Kewarganegaraan Dua Putri Mahkota Sunda Empire di Paspor Diplomatiknya

Putri mahkota Sunda Empire, Fathia Reza dan Lamia Roro, 13 tahun ditahan imigrasi Malaysia. Tak akui Indonesia, terungkap kewarganegaraan keduanya.

Editor: Y Gustaman
Kolase Tribun Jabar/TribunJakarta.com
Perdana Menteri dan Kaisar Sunda Empire, Nasri Banks dan Rd Ratnaningrum saat menjadi tersangka di Polda Jawa Barat. (Inset) putri Nasri Banks dan Rd Ratnaningrum, Fathia Reza (kiri), dan adiknya Lamia Roro (kanan). 

TRIBUNJAKARTA.COM, JAKARTA - Fathia Reza dan Lamia Roro, putri mahkota Sunda Empire, 13 tahun ditahan imigrasi Malaysia, tak mengakui Indonesia tapi pegang 'paspor diplomatik.'

Mereka adalah putri Kaisar dan Perdana Menteri Sunda Empire Rd Ratnaningrum dan Nasri Banks.

Kedutaan Besar Republik Indonesia di Kuala Lumpur, Malaysia, memastikan Fathia Reza dan Lamia Roro ditahan karena melanggar aturan keimigrasian Malaysia.

Koordinator Fungsi Penerangan Sosial Budaya dari KBRI Kuala Lumpur, Agung Cahaya Sumirat, menjelaskan sekilas duduk masalahnya.

Saat ditangkap imigrasi Malaysia, Fathia Reza dan Lamia Roro tidak memiliki dokumen resmi, kecuali paspor Sunda Democratic Empire.

"Saudari Fathia Reza (36) dan saudari Lamira Roro (34) memang ada di tahanan Imigrasi Malaysia sejak tahun 2007,” ujar Agung, Jumat (19/6/2020).

Kenapa Sudah Bebas Dua Putri Mahkota Sunda Empire Ditahan 13 Tahun? Pengacara Malaysia Ungkap Ini

Siapa Mr Jhonson Low di Balik Berdirinya Sunda Empire? Jaksa Ungkap Perannya dengan Nasri Banks

KBRI Kuala Lumpur dan KJRI Kuching pernah mewawancarai Fathia Reza dan Lamira Roro untuk mengklarifikasi status kewarganegaraan mereka.

Mereka menolak mengaku sebagai warga negara Indonesia (WNI) dan tetap bersikukuh mengaku sebagai warga negara Sunda Empire.

Fathia Reza dan Lamia Roro, putri Kaisar dan Perdana Menteri Sunda Empire, Rd Ratnaningrum dan Nasri Bank, saat menjadi tahanan pihak imigrasi Malaysia. Keduanya sampai saat ini sudah 13 tahun ditahan pihak imigrasi Malaysia karena stateless atau tanpa kewarganegaraan.
Fathia Reza dan Lamia Roro, putri Kaisar dan Perdana Menteri Sunda Empire, Rd Ratnaningrum dan Nasri Bank, saat menjadi tahanan pihak imigrasi Malaysia. Keduanya sampai saat ini sudah 13 tahun ditahan pihak imigrasi Malaysia karena stateless atau tanpa kewarganegaraan. (Tangkapan layar YouTube Pak Bro)

“Imigrasi Malaysia menyatakan status mereka sebagai stateless (tanpa kewarganegaraan),” ungkap Agung.

Pemerintah Indonesia bahkan sudah tiga kali mewawancarai Fathia Reza dan Lamira Roro, namun sikap mereka tetap sama bukan WNI dan tak mengakui Indonesia.

Halaman
1234
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved