Breaking News:

Virus Corona di Indonesia

344 WNI Awak Kapal Pesiar MV Vendam Dievakuasi ke Jakarta

Evakuasi ini merupakan kegiatan rutin dilakukan oleh Satuan Tugas Evakuasi WNI di bawah komando TNI Angkatan Laut.

TRIBUNJAKARTA.COM/GERALD LEONARDO AGUSTINO
Sebanyak 344 WNI yang bekerja sebagai anak buah kapal (ABK) pesiar MV Veendam dievakuasi ke Dermaga JICT II Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara, Senin (22/6/2020). 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Gerald Leonardo Agustino

TRIBUNJAKARTA.COM, TANJUNG PRIOK - Sebanyak 344 WNI yang bekerja sebagai anak buah kapal (ABK) pesiar MV Veendam dievakuasi ke Dermaga JICT II Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara, Senin (22/6/2020).

Evakuasi ini merupakan kegiatan rutin dilakukan oleh Satuan Tugas Evakuasi WNI di bawah komando TNI Angkatan Laut.

Komandan Satgas Evakuasi WNI sekaligus Komandan Lantamal III Brigjen TNI (Mar) Hermanto mengatakan, MV Veendam ini merupakan kapal ke-16 yang dievakuasi selama pandemi Covid-19.

"Kapal yang kita evakuasi MV Vendam, jumlahnya 344 ABK, yang sebelumnya kapal ini berlayar dari Colombo. Ini merupakan kapal yang ke-16 untuk kita lakukan evakuasi," kata Hermanto di Dermaga JICT II Pelabuhan Tanjung Priok.

Seperti proses evakuasi sebelumnya, ratusan ABK tersebut menjalani protokol pencegahan Covid-19 ketika sampai di dermaga.

Turun dari kapal, mereka langsung diarahkan untuk berbaris dan meletakkan barang-barang bawaan untuk disemprot disinfektan.

Petugas juga melakukan penyemprotan ke tubuh para ABK ini sebelum mereka melanjutkan perjalanan ke Hotel Mercure.

Hermanto menambahkan, setibanya di hotel, ratusan ABK ini akan menjalani swab test.

"Apabila ada yang positif, mereka nanti akan kita bawa ke Wisma Atlet atau Rumah Sakit Darurat untuk penanganan Covid-19 ini," ucap Hermanto.

"Bagi yang tidak, tentunya mereka akan isolasi mandiri, mungkin kurang lebih antara 4-5 hari di sana. Apabila mereka negatif, tentunya akan dapat surat untuk kembali ke kampung halamannya," ujarnya.

Penulis: Gerald Leonardo Agustino
Editor: Wahyu Aji
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved