Breaking News:

Ingin Menjual Mobilmu? Berikut 3 Faktor Utama yang Harus Dipertimbangkan

Masyarakat mempunyai tantangan tersendiri dalam menjual mobil, diantaranya ekspektasi kecepatan penjualan mobil dan harga jual yang tidak sesuai.

freepik.com
Ilustrasi 

TRIBUNJAKARTA.COM - Saat ini kendaraan mobil menjadi andalan untuk menunjang kegiatan sehari-sehari. 

Selain itu, mobil merupakan aset yang fleksibel, dapat dijadikan tambahan pendapatan atau dijual dengan alasan yang berbeda bagi para penjual. 
 
Berdasarkan data dari BeliMobilGue.co.id (BMG) pada Juni 2020, sebanyak 60% konsumen menjual mobil mereka karena ingin mengganti mobil mereka dengan tahun produksi terbaru atau tipe yang berbeda, sementara sebanyak 12% konsumen karena membutuhkan dana untuk keperluan pribadi yang bersifat mendesak.

Adapun sebanyak 11% konsumen tidak membutuhkan mobil lagi, mobil sudah terhitung tua sekitar 8%, konsumen ingin menjadikan hasil penjualan sebagai modal bisnis 3% dan alasan lainnya.

Kisah Haru Pemulung Beli Ponsel untuk Cucu Pakai Uang Koin Sekarung, Pemilik Toko Ikhlas Lakukan Ini
 
Di Indonesia, ada banyak kanal yang dapat digunakan dalam menjual mobil. Salah satunya melalui penjualan offline, seperti dari dealer ke dealer atau mulut ke mulut.

Namun seiring berkembangnya teknologi yang mengakomodir kebiasaan belanja baru, transaksi online juga semakin diminati masyarakat. Konsumen yang ingin menjual mobil kini juga memiliki platform online sebagai alternatif kanal penjualan. 
 
Menurut Johnny Widodo, CEO BeliMobilGue.co.id, masyarakat mempunyai tantangan tersendiri dalam menjual mobil, diantaranya ekspektasi kecepatan penjualan mobil dan harga jual yang tidak sesuai keinginan.

FOLLOW JUGA:

"Hadirnya berbagai alternatif kanal penjualan mobil, baik offline maupun online, diharapkan mampu memberikan pilihan solusi bagi masyarakat yang ingin menjual mobil," ujarnya. 
 
Menurut data internal dari BMG, berbagai tantangan yang dihadapi konsumen dalam menjual mobil mereka, baik secara offline maupun online, diantaranya:

  • Keamanan

Mobil adalah salah satu barang paling berharga yang dimiliki masyarakat dan berpotensi memiliki nilai jual tinggi.

Untuk itu, keamanan platform penjualan akan menjadi perhatian calon penjual.

Memilih platform penjualan online yang terpercaya sangat penting untuk memastikan keamanan dan kepastian transaksi lanjutan nantinya. 

  • Value mobil yang sesuai 

Di beberapa platform offline, terkadang penawaran harga yang didapatkan calon penjual tidak dicek terlebih dahulu atau dilakukan atas tafsir satu pihak calon pembeli. Tentu ini merugikan apabila penjual yakin value mobilnya lebih tinggi.

Halaman
12
Editor: Kurniawati Hasjanah
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved