Breaking News:

Ratusan Swalayan di Kecamatan Tanjung Priok Disosialisasi Penggunaan Kantong Ramah Lingkungan

Kepala Satuan Pelaksana Sudin Lingkungan Hidup Kecamatan Tanjung Priok Lambas Sigalingging mengatakan, sosialisasi digencarkan pada 116 swalayan

Ratusan Swalayan di Kecamatan Tanjung Priok Disosialisasi Penggunaan Kantong Ramah Lingkungan
TribunJakarta.com/Dionisius Arya Bima Suci
Kantong ramah lingkungan yang dijual di sebuah minimarket di dekat Stasiun Cikini, Menteng, Jakarta Pusat, Minggu (3/3/2019).

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Gerald Leonardo Agustino

TRIBUNJAKARTA.COM, TANJUNG PRIOK - Kecamatan Tanjung Priok mensosialisasikan penggunaan kantong ramah lingkungan di ratusan swalayan yang ada di kecamatan tersebut.

Sosialisasi ini dilakukan jelang penerapan pelarangan penggunaan kantong plastik sekali pakai oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta mulai Rabu (1/7/2020) mendatang.

Kepala Satuan Pelaksana Sudin Lingkungan Hidup Kecamatan Tanjung Priok Lambas Sigalingging mengatakan, sosialisasi digencarkan pada 116 swalayan yang berada di tujuh kelurahan se-kecamatan Tanjung Priok.

"Jadi sekarang kami gencarkan sosialisasi terlebih dahulu di 116 swalayan agar per 1 Juli nanti tidak lagi menggunakan kantong plastik sekali pakai," kata Lambas, Kamis (25/6/2020).

Wakil Wali Kota Bekasi Imbau Warga Tetap Pakai Masker

3 Terdakwa Penusuk Wiranto Tak Banding Vonis Hakim, Ini Alasannya

KPU Belum Tetapkan Cara Mencoblos Bagi Pasien Covid-19 pada Pilkada Tangsel 2020

Dalam prosesnya, sosialisasi dilakukan dengan membagikan selebaran sekaligus menjelaskan isi Peraturan Gubernur Nomor 142 Tahun 2019 Tentang Kewajiban Penggunaan Kantong Belanja Ramah Lingkungan.

Satu tim dari setiap kelurahan dengan masing-masing tim berisi tiga sampai empat petugas dikerahkan.

"Kita sosialisasinya membentuk tim. Ada 7 kelurahan dengan total 116 swalayan. Jadi sosialisasi lebih cepat dan tepat," ucap Lambas.

Diketahui, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta melarang penggunaan kantong plastik sekali pakai per 1 Juli 2020 mendatang.

Plastik sekali pakai hanya diperbolehkan pada kemasan dan mewajibkan masyarakat membawa kantong atau wadah belanja ramah lingkungan sebelum berbelanja.

Penulis: Gerald Leonardo Agustino
Editor: Muhammad Zulfikar
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved