Breaking News:

DPP KNPI: Pilkada di Tengah Pandemi, Peran Pemuda Penting dan Strategis

peran Pemuda dalam pelaksanaan pilkada tahun 2020 di tengah pandemi ini menjadi sangat strategis dan sangat penting.

ISTIMEWA
Dewan Pengurus Pusat Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Bidang Hubungan Dalam Negeri pada hari kamis, 25 juni 2020 mengadakan web seminar dengan tema “ Peran Pemuda dan Antisipasi Resiko Pilkada 2020 Di Tengah Pandemi. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Dewan Pengurus Pusat Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Bidang Hubungan Dalam Negeri menggelar web seminar dengan tema "Peran Pemuda dan Antisipasi Resiko Pilkada 2020 Di Tengah Pandemi" hari Kamis (25/6/2020).

Dalam paparannya Adnan Purichta Ihsan Yasin Limpo Bupati Kabupaten Gowa yang juga Ketua DPP KNPI Bidang Hubungan Dalam Negeri, mengatakan bahwa peran Pemuda dalam pelaksanaan pilkada tahun 2020 di tengah pandemi ini menjadi sangat strategis dan sangat penting.

Menurutnya, kondisi Pandemi Covid-19 membuat pelaksanaan pilkada diselenggarakan tidak sepertinya biasanya.

"Karena Covid-19 maka pelaksanaan pilkada berbeda, kampanye terbuka dengan konvoi massa akan dihindari, maka sebagai besar tahapan pilkada ini akan dilaksanakan melalui media online. Peran pemuda selaku generasi milenial yang melek dengan tekhnologi informasi menjadi sangat setrategis, mereka dapat melakukan peran edukasi tentang pelaksanaan pilkada berdasarkan standar protokoler kesehatan melaui giat-giat kreatif disosial media. Potensi ini tentu sangat strategis untuk diberdayaan oleh pemerintah," kata Adnan.

Menurutnya pemuda juga dapat mengambil peran langsung dengan bergabung sebagai penyelenggara pilkada seperti bergabung sebagai KPPS, Pemantau atau Saksi.

"Yang terpenting adalah pemuda, jangan sampai ternina bobokan dengan zona nyaman, sehingga dengan alasan situasi covid-19 pemuda lebih memili berdiam diri ketimbang terjun mengawal kualitas demokrasi dan keselematan rakyat," ujarnya.

Pada kesempatan yang sama I Dewa Kade Wiarsa Raka Sandi Komisioner KPU RI menyatakan bahwa Pilkada serentak tahun 2020 akan dilaksanakana pada tanggal 09 Desember 2020.

Menurutnya, prosesnya tentu akan ada perbedaan dengan pilkada sebelumnya.

Dengan kondisi yang berbeda maka beberapa persiapan tahapan pelaksanaan pilkada di tengah pandemi ini tengah berjalan salah satunya dengan mempersiapkan rancangan peraturan KPU tentang pelaksanaan Pilkada di dalam kondisi bencana non alam Covid-19.

Di dalamnya akan mengatur tentang penyelenggaraan pilkada dengan mengutamakan prinsip kesehatan dan keselamatan dengan berpedoman pada protokol kesehatan Covid-19.

Halaman
12
Editor: Wahyu Aji
Sumber: Tribun Timur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved