Breaking News:

Antisipasi Virus Corona di DKI

Soroti Lemahnya Pendataan Bansos, Wakil Gubernur Riza Patria Singgung Pemerintah Pusat

Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria menyoroti masalah pengelolaan data di Indonesia yang dianggapnya sangat lemah.

TRIBUNJAKARTA.COM/DIONISIUS ARYA BIMA SUCI
Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria di Menteng, Jakarta Pusat, Jumat (31/1/2020). 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Dionisius Arya Bima Suci

TRIBUNJAKARTA.COM, GAMBIR - Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria menyoroti masalah pengelolaan data di Indonesia yang dianggapnya sangat lemah.

Hal ini disampaikannya dalam webinar bertajuk ‘Akses Bantuan Sosial untuk Warga Miskin Baru DKI Jakarta di Masa Covid-19’ yang dihelat pada Jumat (26/6/2020) sore.

“Bangsa Indonesia ini punya kelemahan, kita lemah dalam hal pendataan dan pemutakhiran data. Kalau bicara data kita sebagai sebuah bangsa itu lemah,” ucapnya, Jumat (26/6/2020).

Ia mencontohnya soal data kebutuhan beras bagi warga miskin terdampak Covid-19, di mana data yang dimiliki setiap kementerian berbeda.

Seperti data yang dimiliki oleh Badan Pusat Statistik (BPS) yang berbeda dengan data dari Kementerian Pertanian, Kementerian Perdagangan, hingga Bulog.

“Kalau bicara data beras, maaf saya singgung. Bagian BPS pendataan keluarin data berbeda dengan Kementerian Pertanian terkait kebutuha beras,” ujarnya.

“Bulog keluarin data beda lagi, Kemendag juga beda. Padahal sama-sama NKRI,” sambungnya.

Untuk itu, politisi Gerindra ini menilai, pemerintah pusat dan daerah sama-sama memiliki pekerjaan rumah untuk saling menyinkronkan data satu sama lain.

Dengan demikian, ia berharap, sistem pendataan untuk pembagian bansos lebih baik, sehingga nantinya dapat tepat sasaran.

“Kalau pendataan benar, administrasi benar, ujung-ujungnya tidak ada lagi yang namanya korupsi karena pendataanya baik. Jadi mudah di tracing, di cek, di kroscek, itu kunci pemerintahan yang bersih,” kata Riza Patria.

Penulis: Dionisius Arya Bima Suci
Editor: Wahyu Aji
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved