Breaking News:

Jalur Prestasi Tak Terikat Zonasi, Disdik : Calon Peserta Didik Bisa Mendaftar di Seluruh Sekolah

Kepala Dinas Pendidikan DKI Jakarta Nahdiana memastikan, Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) jalur prestasi akademis tidak terikat dengan zonasi.

Youtube Pemprov DKI
Tangkapan layar dari akun youtube milik Pemprov DKI saat Kepala Dinas Pendidikan DKI Jakarta Nahdiana tengah menggelar konferensi pers, Senin (29/6/2020). 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Dionisius Arya Bima Suci

TRIBUNJAKARTA.COM, GAMBIR - Kepala Dinas Pendidikan DKI Jakarta Nahdiana memastikan, Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) jalur prestasi akademis tidak terikat dengan zonasi.

Ini berarti, calon peserta didik bisa medaftarkan diri atau memilih semua sekolah yang ada di DKI Jakarta.

Hal ini dikatakan Nahdiana dalam konferensi pers yang disiarkan langsung akun youtube Pemprov DKI Jakarta.

“Proses seleksi dan pemilihan sekolah pada jalur prestasi ini tidak terikat zonasi. Calon peserta didik baru dapat mendaftar dan memilih sekolah di seluruh wilayah Jakarta,” ucapnya, Senin (29/6/2020).

Pada jalur prestasi akademik ini, Nahdiana menjelaskan, seleksi dilakukan dengan memperhitungkan rata-rata nilai akademis selama lima semester terakhir dan juga nilai akreditasi sekolah asal.

“Proses seleksi dilakukan dengan mengurutkan dari nilai tertinggi ke nilai lebih rendah sesuai jumlah kuota yang tersedia,”  ujarnya.

Untuk jenjang pendidikan dari tingkat SD ke SMP, beberapa mata pelajaran yang menjadi pertimbangan dalam proses seleksi ialah Bahasa Indonesia, Matematika, IPA, dan Pendidikan Kewarganegaraan.

Peringati Hari Bhayangkara, Baharkam Polri Bagikan 1.898 Sembako Kepada Nelayan di Muara Angke

Diklaim Adanya Penurunan Covid-19, PSBB di Kota Tangerang Tetap Diperpanjang

Pihak Istana Ungkap Alasan Unggah Video Jokowi Marahi Menteri Meski Rapat Tertutup: Banyak Hal Bagus

“Sedangkan nilai rapot yang digunakan untuk jenjang SMP ke SMA atau SMK meliputi mata pelajaran Bahasa Indonesia, Matematika, IPA, IPS, dan Bahasa Inggris,” kata Nahdiana.

Anak buah Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan ini pun mengingatkan kepada seluruh calon peserta didik bahwa pendaftaran jalur prestasi akademik ini dimulai sejak 1 Juli hingga 3 Juli 2020, tepat pukul 15.00 WIB.

Penulis: Dionisius Arya Bima Suci
Editor: Erik Sinaga
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved