Dishub DKI: 89 Ribu Warga Padati 32 Lokasi CFD, Mayoritas Pesepeda

ada 89 ribu warga memadati 32 lokasi pelaksanaan Hari Bebas Kendaraan Bermotor (HBKB) atau Car Free Day (CFD) alternatif.

Tribunnews/Irwan Rismawan
Warga berolahraga saat Hari Bebas Kendaraan Bermotor (HBKB) atau Car Free Day (CFD) di masa Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) transisi di kawasan Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat, Minggu (21/6/2020). Pemprov DKI Jakarta kembali menggelar HBKB atau CFD dengan menerapkan protokol kesehatan di sepanjang Jalan Jenderal Sudirman dan MH Thamrin setelah ditiadakan sejak 15 Maret 2020 lalu karena pemberlakuan PSBB untuk mencegah penyebaran virus corona (Covid-19) semakin meluas. 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Dionisius Arya Bima Suci

TRIBUNJAKARTA.COM, GAMBIR - Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Liputo menyebut, setidaknya ada 89 ribu warga memadati 32 lokasi pelaksanaan Hari Bebas Kendaraan Bermotor (HBKB) atau Car Free Day (CFD) alternatif.

Dari jumlah tersebut, Syafrin menyebut, mayoritasnya ialah peseda.

"Total pengunjung di 32 kawasan itu ada 89.587. Pesepedanya ada 52.353 dan pejalan kaki 37.234," ucapnya, Selasa (30/6/2020).

Dari lima kota administrasi yang menggelar CFD, Syafrin menyebut, pengunjung paling banyak terdapat di Jakarta Timur.

"Di situ mereka ada 5 wilayah yang dibuka (untuk CFD). Totalnya di Jakarta Timur ada 15.261 pesepeda dan pejalan kaki ada 21.655 orang," ujarnya saat ditemui di Balai Kota.

"Jadi totalnya di Jakarta Timur asa 36.916," sambungnya.

Pelaksanaan CFD di 32 lokasi yang tersebar di lima kota administrasi ini sendiri bertujuan untuk menghindari kepadatan masyarakat di sepanjang Jalan Sudirman-Thamrin.

Sebab, saat pelaksanaan CFD di kawasan itu pada 21 Juni lalu, jumlah pengunjungnya membludak, sehingga masyarakat sulit menjaga jarak satu sama lain.

Meski telah disebar di 32 lokasi, Syafrin mengakui, masih ditemukan warga yang melanggar protokol kesehatan.

"Memang kemarin itu masih ditemukan warga yang tidak menggunakan masker. Kemudian, ada beberapa daerah dan kawasan yang warga di sana juga mengajak anak-anak, ada juga lansia yang datang," kata Syafrin.

Untuk itu, Syafrin pun kembali mengingatkan warga untuk tetap menjalankan protokol kesehatan saat berada di luar rumah.

Penulis: Dionisius Arya Bima Suci
Editor: Wahyu Aji
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved