Antisipasi Virus Corona di Bekasi

Wali Kota Ancam Rumah Sakit Atau Puskemas yang Buang Limbah Medis ke TPA Sumur Batu Bekasi

Rahmat mengatakan, puskesmas dan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Bekasi memiliki kerja sama dengan pihak ketiga untuk pengelolaan limbah medis

ISTIMEWA
Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi di Posko Gugus Tugas Covid-19 Stadion Patriot Candrabhaga Bekasi. 

Laporan wartawan TribunJakarta.com, Yusuf Bachtiar

TRIBUNJAKARTA.COM, BEKASI SELATAN - Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi mengancam bakal memberikan peringatan jika ada rumah sakit atau puskesmas membuang limbah medis ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Sumur Batu.

Rahmat mengatakan, puskesmas dan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Bekasi memiliki kerja sama dengan pihak ketiga untuk pengelolaan limbah medis bekas pakai.

"Pasti diperingatkan (kalau ada ditemukan buang limbah medis ke TPA), enggak boleh karena puskesmas itu sebenarnya ada kerja sama dgn pihak ketiga, di Kerawang kalau enggak salah, RSUD juga ada," kata Rahmat, Selasa, (30/6/2020).

Ketika ditanya soal temuan limbah medis di TPA Sumur Batu milik Pemkot Bekasi dan TPA Burangkeng milik Kabupaten Bekasi oleh organisasi pemerhati lingkungan Koalisi Persampahan Nasional, dia mengaku baru mendengar.

"Kalau di Sumur Batu berarti dari kita (limbah medis)," ungkap Rahmat.

Dia menambahkan, temuan dari Koalisi Persampahan Nasional ini akan coba ditanyakan langsung ke Dinas Lingkungan Hidup Kota Bekasi.

"Ya harusnya semua puskesmas di sini itu punya kerjasama dengan insinerator (perusahaan pengelola limbah B3), dibakar dengan suhu tertentu sehingga tidak ada lagi gitu," ketusnya.

"Kalau di TPA Sumur Batu ada (ditemukan limbah medis) itu nanti saya akan ini ke Dinas LH," tegasnya.

Sebelumnya diberitakan, Ketua Koalisi Persampahan Nasional, Bagong Suyoto mengatakan, pihaknya melakukan pengamatan selama Juni 2020 di TPA Burangkeng dan TPA Sumur Batu.

Halaman
12
Penulis: Yusuf Bachtiar
Editor: Wahyu Aji
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved