Breaking News:

Sudin KPKP Jakarta Timur Akan Lakukan Pemeriksaan Hewan Kurban Serentak Pada H-14 Idul Adha

Suku Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian (Sudin KPKP) Jakarta Timur, akan melakukan pemeriksaan hewan kurban serentak pada H-14 Idul Adha.

TribunJakarta.com/Yusuf Bachtiar
Ilustrasi: Lapak pedagang hewan kurban di Jalan Mawar, Kelurahan Kali Baru, Kecamatan Medan Satria, Kota Bekasi, Sabtu, (27/6/2020). 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Nur Indah Farrah Audina

TRIBUNJAKARTA.COM, CAKUNG - Suku Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian (Sudin KPKP) Jakarta Timur, akan melakukan pemeriksaan hewan kurban serentak pada H-14 Idul Adha.

Hal ini disampaikan oleh Kepala Sudin KPKP Jakarta Timur, Yuli Absari.

Ia mengatakan pemeriksaan ini sudah berdasarkan berbagai pertimbangan.

Pasalnya, untuk saat ini keberadaan lapak penjualan hewan kurban belum menyeluruh.

"Untuk Jakarta Timur akan di turunkan pada H-14 atau Jumat (17/7/2020). Kita perkirakan saat itu semua pedagang sudah turun. Sehingga pemeriksaan serentak mulai H-14 sampai H-1," katanya di Jakarta Timur, Sabtu (4/7/2020).

Nantinya, pemeriksaan ini akan melibatkan petugas dari Sudin KPKP, Sudin Kesehatan serta Satpol PP imbas pandemi Covid-19.

Selain untuk memastikan syarat kelengkapan hewan kurban, para petugas juga memeriksa protokol kesehatan di lapak hewan, seperti penggunaan masker oleh pedagang, tempat pencucian tangan atau hand sanitizer serta jarak sosial.

"Karena tahun ini agak berbeda jadi nanti Sudin kesehatan akan memeriksa terkait protokol kesehatannya, Satpol PP untuk menindak pelanggarannya, sementara Sudin KPKP untuk memeriksa SKKH dan syarat sah hewan kurban," jelasnya.

Wilayah Zona Merah Tak Bisa Saksikan Pemotongan Hewan Kurban, Ini Kata Camat Tanah Abang

Prakiraan Cuaca Sabtu 4 Juli 2020, Waspada Bodetabek dan Sebagian Wilayah Jakarta Diguyur Hujan

Kendati begitu, sebagai bentuk antisipasi, pada Rabu (8/7/2020) mendatang, para petugas akan melakukan pemeriksaan lebih dulu ke sejumlah lapak pedagang hewan kurban.

"Untuk antisipasi, rencananya hari Rabu turun (pemeriksaan). Jadi sampling aja sekitar 4 lapak. Tapi serentaknya tetap H-14," tandas Yuli.

Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved