Breaking News:

Virus Corona di Indonesia

Kowani: Masa Pandemi Covid-19 Wanita Jadi Tulang Punggung Topang Ekonomi Keluarga

Wanita punya peran penting dalam keluarga menopang ekonomi menghadapi pandemi Covid-19 saat pandemi Covid-19.

ISTIMEWA
Ketua Umum Kowani Dr. Ir. Giwo Rubianto Wiyogo dalam Zoominar Kebidanan: Emansipasi Wanita di Era New Normal Menuju Revolusi 5.0 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Wanita punya peran penting dalam keluarga menopang ekonomi menghadapi pandemi Covid-19 saat pandemi Covid-19.

Hal ini diungkapkan Ketua Umum Kongres Wanita Indonesia (Kowani) Dr Giwo Rubianto Wiyogo dalam Zoominar dengan tema "Emansipasi Wanita di Era New Normal Menuju Revolusi 5.0", Sabtu (4/7/2020).

"Dalam keadaan mendesak seperti saat ini, yang mana banyak suami terkena pemutusan hubungan kerja (PHK), maka mau tak mau perempuan menjadi penopang atau tulang punggung keluarga," ujar Giwo.

Menurutnya, kondisi krisis seperti saat ini, perempuan harus menunjukkan kemampuannya agar ekonomi keluarga dapat bangkit.

Tak cuma itu, organisasi perempuan juga memegang peranan pada saat krisis.

"Organisasi perempuan memberikan pelatihan kewirausahaan, agar perempuan dapat berwirausaha dengan baik," kata dia.

Giwo mencontohkan langkah yang dilakukan Kowani seperti memberikan pelatihan kewirausahaan pada anggota dan perempuan di Tanah Air, selama pandemi Covid-19.

Dari hasil pelatihan tersebut, banyak perempuan yang merasakan manfaatnya, yang mana mereka tidak hanya berjualan secara 'offline' atau 'luring', tetapi berjualan secara daring dengan memanfaatkan aplikasi 'marketplace'.

"Selain membangun usaha, banyak juga perempuan di desa pada saat situasi seperti ini yang menjadi penggerak lumbung pangan dengan menanam berbagai macam sayuran dan tanaman obat yang kemudian diolah menjadi minuman herbal," kata Giwo.

Dalam kesempatan itu, Giwo berpesan kepada para perempuan Indonesia agar cerdas secara kodrati, cerdas tradisi, cerdas sosial, dan cerdas profesi.

Halaman
12
Editor: Wahyu Aji
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved