Timnas

Cegah Penyebaran Covid-19, Timnas Indonesia U-16 Dijadwalkan Segera Lakukan Tes Swab

Sebelumnya, para pemain Timnas U-16 memang sudah menjalani serangkaian tes untuk mendeteksi kondisi sebelum mengikuti pemusatan latihan.

Penulis: Wahyu Septiana | Editor: Erik Sinaga
IST dok PSSI
Ketum PSSI Mochamad Iriawan atau Iwan Bule. 

Laporan Waratwan TribunJakarta.com, Wahyu Septiana

TRIBUNJAKARTA.COM, JAKARTA - Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan memastikan, seluruh elemen di Timnas Indonesia U-16 akan menjalani tes swab pada Selasa (7/7/2020).

PSSI memang fokus menerapkan protokoler kesehatan ketat pada saat pelaksanaan pemusatan latihan atau training camp (TC) Timnas U-16.

Sebelumnya, para pemain Timnas U-16 memang sudah menjalani serangkaian tes untuk mendeteksi kondisi sebelum mengikuti pemusatan latihan.

Pada saat tiba di Bekasi, seluruh pemain, pelatih, dan ofisial menjalani rapid tes dan dibekali materi panduan protokol kesehatan oleh Ketua tim medis PSSI, Syarif Alwi.

Kini yang terbaru, PSSI merencanakan untuk melakukan tes swab untuk mendeteksi serta mengetahui kondisi seluruh elemen yang mengikuti TC Timnas U-16.

Menurut Iriawan, hal tersebut merupakan bentuk dukungan dari PSSI agar pemain Timnas U-16 terhindar dari Covid-19.

"Kami akan melakukan tes swab pada pemain dan ofisial Timnas U-16 pada Selasa besok. Hal ini sebagai upaya dukungan penuh PSSI kepada Timnas U-16 demi kesehatan bersama," kata Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan, Senin (6/7/2020).

Sementara itu, pelatih kepala Timnas U-16, Bima Sakti berharap pelaksanaan TC bisa berjalan lancar tanpa gangguan apapun.

Pelaksanaan TC Timnas U-16 diharapkan tidak menjadi cluster baru dalam penyebaran Covid-19.

"Semoga TC ini bisa lancar semuanya sehat tidak ada cluster penyebaran baru dari Timnas U-16. Ini jadi tanggung jawab semua pelatih dan semuanya harus bertanggung jawab atas dirinya masing-masing," ujar Bima Sakti.

Lebih lanjut, Bima mencontohkan, salah satu protokoler kesehatan yang diterapkan pada saat pelaksanaan TC yakni bus harus dua kali bolak-balik mengakut pemain dan ofisial dari hotel ke stadion.

"Seluruh pemain dan ofisial Timnas U-16 mengikuti TC kali ini dengan protokol kesehatan yang ketat. Seperti kami menjaga jarak saat makan dan duduk di dalam bus," ucapnya.

Hal tersebut dilakukan agar pemain dan ofisial terjaga kesehatannya pada saat pelaksanaan TC di Bekasi.

Nantinya, Timnas Indonesia U-16 dalam waktu dekat akan melakukan internal game atau pertandingan uji coba menghadapi tim lokal.

Tawuran Geng Romusha vs Pesing Koneng: KJP Dicabut, Sopir Truk Ikut Danai, Senjata Tajam Khusus

Balai Kota Banjir Karangan Bunga Satire Gara-gara PPDB DKI Jakarta, Ini Komentar Kemendagri

Digerebek Satpol PP, Manajemen Diskotek Top One Jakarta Barat Klaim Hanya Sedang Cek Sound

Namun, tim yang dipilih sebagai lawan tanding akan tetap memperhatikan protokoler kesehatan yakni harus menjalani serangkaian tes Covid-19 terelebih dahulu.

Seperti diketahui, program TC kali ini memang dipersiapkan untuk menghadapi ajang bergengsi Piala Asia U-16 yang berlangsung di Bahrain, pada 25 November hingga 12 Desember.

Skuat Garuda Muda tergabung di Grup D bersama Jepang, Arab Saudi, dan Tiongkok.

Sumber: Tribun Jakarta
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved