Breaking News:

Jakarta Terapkan PSBB Transisi

Salat Idul Adha Akan Menjadi Tanda Masjid Istiqlal Bakal Kembali Dibuka untuk Umum

Kemenag akan melaksanakan sidang isbat penentuan awal Zulhijah pada 21 Juli 2020

Editor: Erik Sinaga
TribunJakarta.com/Muhammad Rizki Hidayat
Penampakan lantai utama Masjid Istiqlal, Jakarta Pusat, Selasa (2/5/2020). 

TRIBUNJAKARTA.COM - Menteri Agama Fachrul Razi menyebut Masjid Istiqlal akan dibuka kembali untuk jemaah umum, bertepatan dengan Salat Idul Adha yang diperkirakan dilaksanakan pada 31 Juli 2020.

Fachrul Razi menjelaskan, pelaksanaan Salat Idul Adha di Masjid Istiqlal akan menerapkan standar protokol kesehatan dalam masa tatanan kenormalan baru alias new normal.

"Salat Idul Adha tingkat kenegaraan di Masjid Istiqlal, sebagai awal dibukanya kembali Masjid Istiqlal untuk jemaah umum," kata Fachrul Razi saat rapat dengan Komisi VIII DPR di kompleks parlemen, Jakarta, Selasa (7/7/2020).

Kemenag akan melaksanakan sidang isbat penentuan awal Zulhijah pada 21 Juli 2020, dengan sistem pelaporan rukiyatul hilal melalui live streaming.

Terkait penyembelihan hewan kurban di masa kenormalan baru, kata Fachrul Razi, Kemenag telah mengeluarkan surat edaran Menteri Agama Nomor 18 Tahun 2020 untuk memberikan panduan agar terhindar dari penularan Covid-19.

Ia menjelaskan, pada tahun sebelumnya proses penyembelihan hewan kurban dilaksanakan secara gotong royong dan berkerumum dalam satu lokasi.

Oleh sebab itu, kata Fachrul Razi, untuk tahun ini perlu diterapkan protokol kesehatan yang ketat mulai dari penyembelihan hingga pendistribusian.

"Diperlukan langkah aplikatif dan efektif untuk mencegah dan mengendalikan potensi penularan Covid-19 di tempat penyembelihan hewan kurban," tutur Fachrul Razi.

Sebelumnya diberitakan, pandemi Covid-19 masih berlangsung di Indonesia, meskipun sejumlah aktivitas sudah kembali dimulai, termasuk aktivitas keagamaan.

Pada Juli, tepatnya pada 31 Juli, Umat Islam di dunia termasuk Indonesia akan merayakan Hari Raya Idul Adha.

Halaman
1234
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved