Breaking News:

Antisipasi Virus Corona di Bekasi

Kasus Baru Covid-19 di Lingkungan Pabrik, Disnaker Bekasi Himbau Perusahaan Pantau Karyawan 24 Jam

Suhup menjelaskan, bisa saja kasus penularan Covid-19 di lingkungan pabrik terjadi akibat buruh melakukan perjalanan.

TribunJakarta.com/Yusuf Bachtiar
Kepala Disnaker Kabupaten Bekasi Suhup di Kantor Kabupaten Bekasi, Desa Sukamahi, Kecamatan Cikarang Pusat, Kabupaten Bekasi, Selasa (16/10/2018). 

Laporan wartawan TribunJakarta.com, Yusuf Bachtiar

TRIBUNJAKARTA.COM, CIKARANG - Kasus baru penularan Covid-19 di Kabupaten Bekasi belakang ini marak terjadi di lingkungan pabrik, Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) menghimbau perusahaan pantau karyawan selama 24 jam.

Kepala Disnaker Kabupaten Bekasi Suhup mengatakan, kasus penularan Covid-19 di lingkungan pekerja pabrik terjadi lantaran lemahnya pengawasan.

"Barangkali kelemahannya karyawan itu mungkin kalau di perusahaan aman setelah dari perusahaan mungkin tidak aman," kata Suhup, Jumat, (10/7/2020)

Suhup menjelaskan, bisa saja kasus penularan Covid-19 di lingkungan pabrik terjadi akibat buruh melakukan perjalanan.

"Ketika dia pulang dia libur ketika dia di rumah atau ketika dia jalan-jalan, kan enggak bisa juga mungkin perusahaan melakukan pengawasan secara penuh," jelasnya.

Kedepan, dia meminta seluruh perusahaan dapat membuat semacam aplikasi yang memungkinkan karyawan terpantau selama 24 jam.

Melalui aplikasi itu, karyawan juga dapat melaporkan aktivitas serta ketaatan dalam menjalankan protokoler kesehatan selama masa adaptasi Covid-19.

"Perusahaan membuat aplikasi yang bisa memonitor dan memantau karyawan selama 24 jam," ungkapnya.

"Seperti contohnya seperti yang sudah dilakukan di Samsung, mereka sudah lakukan itu, jadi selama 24 jam memantau karyawan itu bukan hanya diperusahaan tapi di rumah, di pasar, di lingkungannya," terang Suhup.

Halaman
12
Penulis: Yusuf Bachtiar
Editor: Wahyu Aji
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved