Breaking News:

Formula E

Formula E Batal Digelar di Jakarta, Jakpro Buka Peluang Tarik Commitment Fee Rp 542,5 Miliar

PT Jakarta Propertindo (Jakpro) tengah mengintip peluang penarikan commitment fee penyelenggaraan Formula E yang sudah dibayarkan.

ISTIMEWA/Tangkap layar Youtube/Michelin Passion
Ajang balap Formula E yang digelar di sekitar Stadion Olimpiade Beijing, China, September 2014. 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Dionisius Arya Bima Suci

TRIBUNJAKARA.COM, GAMBIR - Imbas pandemi Covid-19, balap mobil listrik Formula E urung digelar di Jakarta pada 6 Juni 2020 lalu.

Kini, Pemprov DKI melalui BUMD PT Jakarta Propertindo (Jakpro) tengah mengintip peluang penarikan commitment fee penyelenggaraan Formula E yang sudah dibayarkan.

Hal ini dikatakan Dirut PT Jakpro Dwi Wahyu Daryanto saat menjawab pertanyaan yang dilontarkan politisi PDIP Gilbert Simanjuntak dalam rapat bersama Komisi B DPRD DKI Jakarta pada Senin (13/7/2020) sore.

“Kami lagi diskusi apakah memungkinkan dari segi legal (terkait penarikan commitment fee) dan kami juga harus koordinasi dengan Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) karena itu di bawah mereka,” ucapnya.

Dalam rapat tersebut, Direktur Keuangan PT Jakpro Yuliantina Wangsawiguna menjelaskan, pihaknya hanya melakukan proses pembayaran untuk bank garansi  (jaminan).

Sementara proses pembayaran commitment fee sepenuhnya berada di tangan Dispora DKI Jakarta.

“Ada commitment fee dan ada bank guarantee, karena berkontrak secara dokumen hukum iu Jakpro dan tagihan lansung ke Dispora,” ujarnya.

Pembayaran uang jaminan yang disetorkan Jakpro itu pun disebut Yuli, dibayarkan menggunakan dana Jakpro.

“Kalau total commitment fee langsung ke Dispora. Tapi, kalau bank guarantee itu pakai dana Jakpro. Bank guarantee yang saat ini diterbitkan menggunakan dana Jakpro,”  kata Yuli.

Sampai saat ini, Pempov DKI Jakarta sendiri telah menyetorkan uang commitment fee sebesar 31 juta poundsterling atau setara dengan Rp 542,5 miliar (asumsi 1 poundsterling = Rp 17.500).

Rinciannya, sebanyak 20 juta poundsterling dibayarkan pada 2019 lalu sebagai commitment fee penyelenggaraan Formula E 2020.

Pembayarannya pun dilakukan dua tahap, pertama sebanyak 10 juta poundsterling dibayarkan pada Agustus 2019 dan 10 juta poundsterling sisanya pada 31 Desember.

Kemudian, Pemprov DKI juga menyetorkan 11 juta poundsterling pada awal tahun 2020 untuk commitment fee penyelenggaraan Formula E 2021.

Penulis: Dionisius Arya Bima Suci
Editor: Wahyu Aji
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved