Limbah Medis yang Bermuara di TPA Sumur Batu Kota Bekasi Bukan Kategori B3

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Bekasi Tanti Rohilawati memastikan, dugaan limbah medis yang bermuara ke Tempat Permrosesan Akhir (TPA).

TRIBUNJAKARTA.COM/YUSUF BACHTIAR
Kepala Dinas Kesehatan Kota Bekasi Tanti Rohilawati. 

Laporan wartawan TribunJakarta.com, Yusuf Bachtiar

TRIBUNJAKARTA.COM, BEKASI SELATAN - Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Bekasi Tanti Rohilawati memastikan, dugaan limbah medis yang bermuara ke Tempat Permrosesan Akhir (TPA) Sumur Batu bukan kategori B3 (bahan berbahaya dan beracun).

Tanti mengatakan, berdasarkan hasil penelusuran yang dilakukan Dinas Lingkungan Hidup (LH), sampah yang diduga sebagai limbah medis merupakan kategori domestik.

Sebab, temuan yang ada berupa sampah kertas bekas bungkus obat dan resep serta masker yang bukan tergolong sebagai limbah B3.

"Karena sampah RS semuanya terbungkus dengan plastik berwarna kuning dan tertutup serta sudah dilimpahkan untuk dikelola sesuai dengan peraturan oleh pihak ketiga," kata Tanti, Senin, (13/7/2020)

"Jadi tidak dibungkus dengan karung maupun bungkus yang berwarna lain. Dari hasil kunjungan Dinas LH juga dinyatakan bahwa sampah yang di temukan merupakan sampah domestik," tambahnya.

Tak Lagi Zona Merah, Warga RW 07 Bidara Cina Diimbau Tetap Patuhi Protokol Kesehatan

Dia menambahkan, pihaknya secara periodik melakukan pengawasan ke sejumlah rumah sakit baik milik pemerintah maupun swasta serta fasilitas kesehatan lain seperti puskesmas dan klinik.

Tujuannya, untuk memastikan praktik pengelolaan limbah medis sesuai aturan yang berlaku dan tidak dibuang ke TPA Sumur Batu milik Pemkot Bekasi.

Limbah medis B3 yang dihasilkan dari rumah sakit atau fasilitas kesehatan di tempatkan di lokasi penampungan sementara yang aman dan tidak mudah dijangkau orang.

Setiap 2 hari sekali, maksimal sampah sudah diangkut oleh perusahaan pengelolaan limbah B3 agar segera dimusnahkan sesuai prosedur.

Damkar Jakarta Timur Sudah Semprot Disinfektan di 3.240 Lokasi

Halaman
123
Penulis: Yusuf Bachtiar
Editor: Suharno
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved