Breaking News:

Pastikan Usaha Aman di Pandemi Covid-19, APJI Luncurkan Panduan Pelayanan Bidang Makanan dan Minuman

Panduan Pelayanan Bidang Makanan dan Minuman di Masa New Normal diluncurkan Asosiasi Pengusaha Jasa Boga (APJI) demi bisnis aman, ini penjelasannya.

dok. APJI
Panduan Pelayanan Bidang Makanan dan Minuman di Masa New Normal diluncurkan APJI 

TRIBUNJAKARTA.COM - Asosiasi Pengusaha Jasa Boga (APJI) meluncurkan Panduan Pelayanan Bidang Makanan dan Minuman di Masa New Normal, sebagai upaya mengakomodasi tuntutan kebutuhan akan adanya sebuah panduan keamanan pangan sekaligus pencegahan dalam rangka mengurangi  risiko penularan Covid-19. 

Rahayu Setiowati Ketua Umum DPP APJI mengungkapkan, diluncurkannya buku panduan serta protokol umum dan khusus ini untuk 5 (lima) cluster pelayanan makanan dan minuman: restoran, café, rumah makan, pernikahan, catering pesawat, tempat pertemuan dan lounge, serta industri catering. Dengan begitu, diharapkan risiko penularan Covid-19 dapat berkurang.

"Untuk menyempurnakan panduan ini, kami bersinergi dengan berbagai pihak, dari pengusaha hingga pemerintah, agar kita dapat bersama melakukan percepatan usaha produktif dan aman untuk membangkitkan ekonomi dalam negeri," kata Rahayu dalam acara peluncuran yang dilakukan di Hotel Borobudur, Senin (13/7/2020).

Sementara itu, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Wishnutama menuturkan, panduan harus dilaksanakan dengan penuh rasa tanggung jawab sehingga protokol yang telah dibuat dapat bermanfaat.

"Akibat pandemi telah terjadi disrupsi, banyak usaha yang melakukan remodeling. Yang terpenting dan harus diutamakan adalah keamanan," tegas Wishnutama.

Wishnutama menambahkan, selama masa pandemi, ribuan tenaga medis telah dikerahkan meskipun risikonya tinggi, tapi tidak ada kasus pandemi yang terjadi. Itu karena petugas kesehatan menjalankan protokol kesehatan. 

Diangkat Karyawan Tetap, Petugas KRL Penemu Uang Rp 500 Juta Puji Syukur: Begitu Besar Karunia Allah

"Tahapan protokol kesehatan di berbagai subsektor. Tapi juga lakukan simulasi dan publikasi sebaiknya, kemudian uji coba, biar lebih paham," tandas Wishnutama.

Selain itu, APJI memanfaatkan momentum untuk menapaki kerja sama dengan JIHS Politeknik Jakarta Internasional di bidang sumber daya manusia kepariwisataan dalam malakukan on the job training dan program pelatihan jangka pendek (short course). Editha Duarte selaku Education Advisor Artha Graha & Ketua Tim Formatur Politeknik JIHS mengungkapkan, kerja sama dengan APJI di era new normal, Politeknik Jakarta Internasional menghasilkan human capital yang andal dan penuh inovasi dalam food industry, food safety, serta inkubator bisnis bersama bahu membahu mengatasi krisis pendemi Covid-19.

FOLLOW JUGA:

"Panduan new normal dalam Food Catering Industry sangat esensial karena hanya dengan mengubah pola & budaya hidup sehat melalui pendidikan era baru, kita bisa bertahan menghadapi pendemi," ujar Editha.

Halaman
12
Editor: Kurniawati Hasjanah
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved