Breaking News:

Jakarta Terapkan PSBB Transisi

Angka Reproduksi Covid-19 Meningkat Selama PSBB Masa Transisi, Anies : Kita Harus Ekstra Waspada

Anies menyebut, nilai Rt ini mengalami tren peningkatan dalam beberapa minggu terakhir.

TribunJakarta.com/Dionisius Arya Bima Suci
Tangkapan layar dari akun youtube Pemprov DKI saat Gubernur Anies Baswedan sedang memberi penjelasan soal reklamasi Ancol. 

Laporan Wartawan TribuJakarta.com, Dionisius Arya Bima Suci

TRIBUNJAKARTA.COM, GAMBIR - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengakui, angka reproduksi virus corona (Rt) mengalami peningkatan selama Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) masa transisi.

Bila sebelum masa transisi nilai Rt konstan berada di bawah angka satu, maka per tanggal 12 Juli lalu, nilainya meingkat menjadi 1,15.

“Rt mengalami peningkatan, selama ini kita selalu berada di bawah satu, sekarang menjadi 1,15 per tanggal 12 Juli,” ucapnya, Kamis (16/7/2020).

Nilai Rt 1,15 ini berarti, satu orang pasien positif Covid-19 bisa menularkan penyakit yang disebabkan oleh virus corona (SARS-CoV-2) pada satu orang lainnya.

Meski peningkatkan tak terlalu signifikan, Anies menyebut, nilai Rt ini mengalami tren peningkatan dalam beberapa minggu terakhir.

“Kita berada di angka 1,15 yang itu menandakan bahwa ada pergerakan kecepatan penularan, karena itu kita harus ekstra waspada,” ujarnya dalam video yang disiarkan akun youtube Pemprov DKI.

Selain Kajari Jaksel, Kejagung Akan Panggil Kuasa Hukum Djoko Tjandra

Sederet Bahaya Minum Kopi saat Haid atau Menstruasi, Ini Penjelasannya

Sebut Banyak Usaha Bangkrut Karena e-Commerce, Wali Kota Airin Minta UMKM Melek Digital

Peningkatan Rt ini yang kemudian menjadi salah satu pertimbangan Anies kembali memperpanjang PSBB masa transisi selama dua pekan ke depan atau hingga 30 Juli 2020.

“Akan amat berisiko bila kita melonggarkan fase 1 PSBB transisi dan masuk ke fase 2. Karen itu, kami di DKI, gugus tugas memutuskan untuk kembali memperpanjang PSBB,” kata Anies.

Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved