Anies Terbitkan Izin Reklamasi Ancol

DPRD DKI Jakarta Akui Anies Sodorkan Raperda RDTR Demi Muluskan Proyek Reklamasi Ancol

Ketua Badan Pembentukan Peraturan Daerah (Bapemperda) DPRD DKI Jakarta Pantas Nainggolan mengakui, Pemprov DKI telah menyerahkan draf Raperda.

Penulis: Dionisius Arya Bima Suci | Editor: Suharno
TRIBUNJAKARTA.COM/GERALD LEONARDO AGUSTINO
Area reklamasi Ancol di kawasan Taman Impian Jaya Ancol. 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Dionisius Arya Bima Suci

TRIBUNJAKARTA.COM, GAMBIR - Ketua Badan Pembentukan Peraturan Daerah ( Bapemperda) DPRD DKI Jakarta Pantas Nainggolan mengakui, Pemprov DKI telah menyerahkan draf Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) terkait Rencana Detail Tata Ruang (RDTR) untuk melegalkan proyek reklamasi Ancol.

Meski demikian, Pantas menyebut, Raperda tersebut tak bisa langsung dibahas lantaran masih dalam tahap penjadwalan rapat.

"Sebelum Bapemperda menyusun dan membahas Raperda ini, harus ada rapat paripurna antara eksekutif dan legislatif," ucapnya, Senin (20/7/2020).

Dalam rapat tersebut, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan harus menjelaskan terlebih dahulu perihal rancangan RDTR yang telah disusunnya.

Nagih Utang Sesama Teman Berujung Korban di Duri Kosambi Cengkareng Jakarta Barat

Terlebih, mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan ini sempat menarik Raperda RDTR dan mencabut izin reklamasi 13 pulau pada 2018 silam.

"Ini kan ada inkonsisten gubernur yang sebelumnya mencabut izin reklamasi (13 pulau reklamasi di Teluk Jakarta) dan kini mau mereklamasi Ancol," ujarnya saat dihubungi.

"Perlu ada alasan yang mendasari hal ini," sambungnya menjelaskan.

Sebelumnya, Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria mengklaim, pihaknya telah merampungkan revisi Peraturan Daerah (Perda) terkait reklamasi kawasan Ancol.

Jelang Lebaran Iduladha 2020, Anak-anak Dilarang Berkunjung ke Tempat Penampungan Hewan Kurban

Ia menyebut, reklamasi Ancol masuk dalam revisi Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) tentang Rencana Detail Tata Ruang (RDTR) yang telah diserahkan ke DPRD DKI.

Dengan demikian, berarti Riza mengklaim sudah merampungkan kajian, terkait dampak lingkungan dari proyek reklamasi itu dalam bentuk draf yang telah diserahkan ke DPRD DKI.

Penumpang Maskapai Lion Air Bisa Melakukan Rapid Test di Bandara Soekarno-Hatta

“Sedang diproses sama DPRD, prinsipnya kami akan merevisi Perda terkait reklamasi Ancol Timur,” ucapnya, Minggu (19/7/2020).

Sumber: Tribun Jakarta
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved