Breaking News:

Info Kesehatan

Ingin Tubuh Makin Bugar? Berikut Trik Lakukan Peregangan Otot Sebelum Bersepeda

Bersepeda kini banyak dipilih masyarakat untuk menjaga kebugaran tubuh di masa pandemi covid-19, sambil bisa menikmati suasana di luar rumah.

Google
Ilustrasi Sepeda 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA -- Bersepeda kini banyak dipilih masyarakat untuk menjaga kebugaran tubuh di masa pandemi covid-19, sambil bisa menikmati suasana di luar rumah.

Banyak manfaat untuk kesehatan yang bisa didapatkan dengan bersepeda mulai dari kekuatan sendiri, hingga mengatasi gangguan lemak, hipertensi, dan cocok juga untuk yang punya penyakit diabetes.

Untuk mendapatkan manfaat besar dari olahraga sepeda Dokter Spesialis Olahraga, dr. Michael Triangto, SpKO mengingatkan untuk memperhatikan tinggi sadel atau jok sepeda, jangan sampai ketinggian atau kependekan

"Perlu diperhatikan tinggi sadel yang tepat agar tidak mengalami gangguan pada daerah sendi lutut," ungkap dr. Mikhael melalui keterangan tertulisnya, Senin (20/7/2020).

Hindari olahraga dengan kelelahan yang berlebihan agar tak memicu terbentuknya radikal bebas yang berbahaya bagi tubuh.
Hindari olahraga dengan kelelahan yang berlebihan agar tak memicu terbentuknya radikal bebas yang berbahaya bagi tubuh. (Shutterstock/Kompas.com)

Kemudian kalau memilih sepeda untuk menjaga kesehatan, harus dibarengi juga dengan frekuensi frekuensi latihan, intensitas, lama latihan yakni 150 menit per minggu dan juga latihan anaerobik.

Latian anerobik yang dimaksudkan adalah latihan otot lengan (Biceps), otot paha(Quadriceps, Hamstring, Adductor & Abductor) juga otot-otot tubuh bagian depan dan belakang.

Latihan otot sebelum bersepeda atau melakukan peregangan sebelum dan sesudah bersepeda sangat baik untuk menghilangkan rasa pegal setelah berlatih.

Gowes Makin Ngetren Saat Pandemi Covid-19, Pemprov DKI Akan Tambah Jalur Sepeda

"Tanpa keberadaan program maka bersepeda tersebut hanya merupakan aktivitas fisik dan bukan merupakan olahraga melainkan sebagai alat transportasi semata," ungkap dr. Mikhael.

Kemudian gunakan pelindung tubuh saat bersepeda seperti helm, pelindung mata, siku dan lutut dan pakaian yang sesuai untuk bersepeda seperti kaos kaki dan sepatu untuk bersepeda.

Karena masih di masa pandemi jangan lupa juga untuk membawa alat-alat untuk memproteksi diri dari virus covid-19 seperti masker, hand sanitizer, dan bawa minum sendiri.

"Selalu membawa minum dan desinfektan sendiri agar senantiasa dapat membersihkan tangan disaat-saat yang diperlukan," pungkas dr. Mikhael.

Banyak Kasus Pesepeda Meninggal, Yuk Cari Tahu Tanda-tanda Olahraga Berlebih

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul Lakukan Peregangan Otot Sebelum Bersepeda Agar Tubuh Semakin Bugar, Ini Triknya

Editor: Muji Lestari
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved